Headlines News :
Home » , » Panwas Periksa Empat Iklan di Televisi

Panwas Periksa Empat Iklan di Televisi

Written By Metropost on Sabtu, 01 September 2012 | 16.26

JAKARTA, MP — Panitia Pengawas Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta memeriksa empat tayangan iklan di stasiun televisi swasta. Pelapor tayangan tersebut menduga ada indikasi kampanye di luar jadwal.

Sementara ini Panwas Pilkada sudah meminta keterangan pelapor dari tim kampanye Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli.

Hari Sabtu (1/9/2012), Panwas memanggil Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Prabowo Subianto untuk meminta klarifikasi ilan tersebut.

"Seluruh iklan itu dibuat APPSI, yang ditayangkan di Metro TV, Trans 7, Trans TV, dan TV One. Tayangan tersebut ditayangkan 27 Agustus sekitar 30 detik," kata Ketua Panwas Pilkada DKI Jakarta Ramdansyah, Sabtu (1/9/2012) di Jakarta.

Tayangan yang diperiksa itu terdiri dari dua bentuk iklan. Semua iklan menampilkan gambar calon gubernur Joko Widodo serta Basuki Tjahaja Purnama. Salah satu tayangan iklan itu menampilkan Prabowo yang menyampaikan "Saya Prabowo Subianto mendukung pasangan Jokowi-Basuki."

Pada tayangan iklan kedua berisi suara seorang narator yang mengingatkan pilkada putaran kedua tanggal 20 September. Menurut Ramdansyah, pemanggilan Prabowo penting artinya untuk merekonstruksi tayangan tersebut.

Penanganan masalah tersebut mengacu pada Pasal 116 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah. Dalam ketentuan itu disebut, setiap orang dilarang melanggar ketentuan kampanye sesuai yang dijadwalkan Komisi Pemilihan Umum.

Sesuai ketentuan itu, jika terbukti ada unsur kampanye, pemasang iklan terancaman hukuman pidana minimal 15 hari maksimal 3 bulan dan denda minimal Rp 100.000 serta maksimal Rp 1 juta.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah