Headlines News :
Home » » LPKSM: Tidak Perlu Ada “Debt Collector”

LPKSM: Tidak Perlu Ada “Debt Collector”

Written By Jainal Fatmi on Senin, 28 Januari 2013 | 13.15

BOGOR, MP - Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat Al-Fikri menilai, seharusnya jasa debt collector tidak perlu ada mengingat hubungan transaksional yang terjadi antara nasabah dan pihak Leasing merupakan hubungan perdata.

“Hubungan transaksional terjadi antara konsumen (nasabah) dengan Leasing. Jadi konsumen nggak ada hubungannya dengan pihak ketiga. Karena hubungan perdata terjadi antara konsumen dengan Laeasing,” jelas Ketua LPKSM Al-Fikri Firmansyah saat jejak pendapat dengan wartawan media ini beberapa waktu lalu .

Firmansyah menambahkan, masalah utang-piutang ini merupakan masalah perdata, di mana leasing tidak bisa melimpahkan ke pihak ketiga (debt collector). Menjadi pidana, mengingat pemakaian jasa debt collector ini cenderung menggunakan tindakan kekerasan. Sehingga munculnya debt collector ini justru menimbulkan masalah.

Firmansyah pun menilai, leasing terlalu jor-joran dalam mempromosikan jasa nya.

“Terlalu mudah atau longgar leasing dalam memberikan persyaratan, Menteri Keuangan harusnya punya kewenangan untuk itu. Ini merupakan kelalaian,” sebutnya.(Haidy)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah