Headlines News :
Home » , » Sudin Dukcapil Buka Pelayanan Dirusun Marunda

Sudin Dukcapil Buka Pelayanan Dirusun Marunda

Written By Jainal Fatmi on Rabu, 06 Februari 2013 | 09.08

JAKARTA, MP - DKI Jakarta sudah mempersiapkan team khusus untuk menghindari para penduduk yang mempunyai KTP ganda, Kepala Dinas Kependudukan DKI Jakarta,  Purba Hutapea mengungkapkan "DKI Jakarta memberlakukan mutasi data bagi para korban banjir di wilayah Muarabaru Penjaringan Jakarta Utara yang telah menempati Rumah Susun Marunda Cilincing Jakarta Utara.

Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta, Purba Hutapea mengatakan, saat ini pihaknya tengah menyosialisasikan kepada warga yang menjadi korban banjir agar memahami peraturan tersebut untuk dimutasi datanya, Sabtu (2/2), kemarin.

Sesuai dengan UU No 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan yang berbunyi " Administrasi Kependudukan adalah rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dalam penerbitan dokumen dan Data Kependudukan melalui Pendaftaran Penduduk, Pencatatan Sipil, pengelolaan informasi Administrasi Kependudukan serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik dan pembangunan sektor lain."

Oleh sebab itu jika ada warga yang memiliki KTP ganda, pihaknya tidak akan segan-segan memberikan sanksi berupa denda Rp 25 juta atau kurungan 2 tahun penjara. "Saat ini antusias warga masih kurang, karena mereka masih konsenstrasi menata ruangannya.

Mutasi data ini berlaku bagi semua dokumen, seperti KTP, KK, dan akta kelahiran. Syaratnya mengisi formulir, melampirkan buku nikah, dan kalau ada surat pengantar RT/RW di daerah asal," ujar kepala Dinas Dukcapil Purba Hutapea .

Selain itu juga Dukcapil juga membuka  pelayanan bagi korban banjir Muarabaru yang belum memiliki KTP Jakarta, dengan membuat Posko Layanan Kependudukan di Blok 7 Cluster B Rusun Marunda Cilincing Jakut.

Disaat sedang melakukan pelayan, Jokowi, Gubernur DKI Jakarta sempat mampir untuk memantau masalah pelayanan di mobil pelayanan keliling yang sudah di siapkan untuk membantu dalam pengurusan surat-surat warga korban banjir dan juga meyakinkan dalam Layanan ini saya jamin tidak ada pungli, dan semuanya gratis, tegas Kadis Kependuduklan DKI Jakarta.(idris)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah