Headlines News :
Home » , » Belasan Tahun Menunggu, Kini Warga Kampung Beting Punya KTP

Belasan Tahun Menunggu, Kini Warga Kampung Beting Punya KTP

Written By Metropost on Jumat, 15 Maret 2013 | 01.34

JAKARTA, MP - Setelah menunggu sekian tahun lamanya, warga Kampung Beting, Tuguutara, Koja, Jakarta Utara, akhirnya mendapat pengakuan sebagai penduduk yang sah oleh Pemprov DKI.

Pengakuan legal itu dibuktikan Pemprov DKI yang secara bertahap menerbitkan dokumen kependudukan berupa 1.668 Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan 715 Kartu Keluarga (KK) kepada warga setempat. Walikota Jakarta Utara, Bambang Sugiyono mengatakan, jumlah KTP yang akan diterbitkan untuk warga Kampung Beting berjumlah 1.668 lembar dan 715 lembar kartu keluarga (KK).

Jumlah itu sesuai dengan jumlah wajib KTP di Kampung Beting yang jumlahnya sama yaitu, 1.668 orang dari 2.994 penduduk atau 823 KK. "Kami tegaskan peluncuran KTP ini tak ada hubungannya dengan kepemilikan tanah," ujar Bambang, Rabu (13/3).

Untuk membantu warga yang hendak mengurus KTP hari ini, kata Bambang, Sudin Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Utara mengerahkan tiga mobil pelayanan KTP. Dengan mobil tersebut, warga Kampung Beting bisa segera mengurus KTP mulai hari ini. "Mobil KTP akan ada mulai tanggal 13, 14, dan 16 Maret 2013.

Setelah tiga hari itu, pelayanan KTP akan dikembalikan ke kantor Kelurahan Tuguutara," katanya. Kepala Suku Dinas Dukcapil Jakarta Utara, Edison Sianturi menuturkan, selama proses perekaman KTP, pihaknya melakukan pendataan terlebih dahulu kepada warga yang berada di kawasan abu-abu tersebut. Ini untuk mengantisipasi terjadinya KTP dan dokumen kependudukan ganda. "Setelah pendataan selesai, dilakukan koreksi verifikasi database kependudukan untuk memastikan Nomor Induk Kependudukan (NIK) warga," tutur Edison.

Yulianti (39) warga Kampung Beting, Tuguutara, mengaku senang telah memiliki KTP DKI Jakarta. Pasalnya, dia sudah menunggu selama 19 tahun lamanya untuk mendapatkan KTP. "Saya pernah mau daftar anak sekolah, jadi susah karena tidak punya KK, akta kelahiran, dan juga KTP. Saya senang dapat KTP ini, gratis dan bisa mempermudah semuanya," tandasnya. (idris)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah