Headlines News :
Home » , » KPU akan Hapus Daerah Pemilihan Kepulauan Seribu

KPU akan Hapus Daerah Pemilihan Kepulauan Seribu

Written By Jainal Fatmi on Sabtu, 09 Maret 2013 | 01.57

JAKARTA, MP - Komisi Pemilihan Umum berencana menghapus daerah pemilihan Kepulauan Seribu. Penduduk di wilayah tersebut dinilai terlalu sedikit sehingga tak memenuhi syarat pembentukan daerah pemilihan.

“Kepulauan Seribu akan digabung dengan daerah pemilihan Jakarta Utara,” kata Anggota KPU, Ferry Kurnia Riziyansyah, Jumat, 8 Maret 2013.

Dalam Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) KPU tercatat ada 23 ribu penduduk di Kepulauan Seribu. Angka tersebut jauh lebih rendah dibandingkan dengan total penduduk di Provinsi DKI Jakarta yang mencapai 9,6 juta.

Ferry menyatakan peta daerah pemilihan untuk pemilu legislatif provinsi, kabupaten, dan kota saat ini masih dibahas. Komisi belum mengetahui berapa total daerah pemilihan yang akan dibentuk. Namun, secara umum, Ferry memperkirakan daerah pemilihan akan bertambah jika dibandingkan dengan pemilu legislatif sebelumnya.

“Sebab, banyak pemekaran daerah dan jumlah penduduk pun bertambah,” katanya. Peneliti Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), August Mellaz, memaklumi rencana keputusan KPU menghapus daerah pemilihan Kepulauan Seribu dan menggabungkannya dengan pemilihan Jakarta Utara. Sebab, penduduk di daerah tersebut memang sedikit. “Bisa dimengerti,” kata August.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah