Headlines News :
Home » , » Bongkar Paksa Ruko, Sudin P2B Kembali Tertibkan Bangunan Bermasalah

Bongkar Paksa Ruko, Sudin P2B Kembali Tertibkan Bangunan Bermasalah

Written By Metropost on Rabu, 17 April 2013 | 21.11

JAKARTA, MP - SEBUAH bangunan berupa rumah toko (ruko) dibongkar oleh Suku Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan (P2B) Jakarta Utara. Bangunan tersebut berlokasi di Jalan Gading Indah Raya perumahan Kelapa Puan, RW 12 Kelurahan Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Ruko ini dinilai telah menyalahi ijin bangunan yang telah ada.

Menurut pantauan, satu unit beko tengah menghancurkan bangunan tiga lantai itu. Beberapa pejabat Walikota Jakarta Utara turut menyaksikan pembongkaran tersebut, diantaranya Wakil Walikota Jakut, Tri Kurniadi, Kasudin P2B Jakut, Bambang Sudjimanto, Camat Kelapa Gading, Jupan Royter, Lurah Pegangsaan Dua, Didit dan sejumlah pejabat lainnya.

Kepala Seksi P2B Jakarta Utara, Febriana Tambunan menilai, bahwa bangunan ini telah menyalahi tata ruang di Jakarta. Bangunan ini berizin sebagai rumah tinggal 2 lantai, tapi saat dibangun malah dibuat menjadi ruko dengan 3 1/2 lantai. "Itu jelas melanggar peruntukkannya'', ujarnya, di Jalan Gading Indah Raya Kelapa Gading, Selasa (16/4).

Febriana mengatakan, sebelum dilakukan pembongkaran, pemilik bangunan diberi surat peringatan hingga surat segel bahkan sudah diperintahkan untuk membongkar sendiri bangunannya namun tidak digubris maka dengan terpaksa Sudin P2B melakukan pembongkaran bangunan ini. "Semoga dengan pembongkaran yang dilakukan Sudin P2B ini bisa membuat efek jera kepada para pengusaha/pemilik bangunan yang akan melakukan pembangunannya tanpa mengindahkan adanya peraturan itu. Dengan cara ini tentunya bisa memperkecil pelanggaran-pelanggaran bangunan lainnya," ungkap Febriana.

 Pada kesempatan tersebut, Kasi P2B Kelapa Gading, Robert Silalahi mengatakan, memang benar bangunan ini dibongkar karena telah melanggar aturan. "Izin Mendirikan Bangunan (IMB) bangunan itu awalnya adalah rumah tinggal, tapi bangunannya malah menjadi ruko," katanya. Ia mengaku akan terus melakukan penertiban bangunan pada sejumlah ruko-ruko di wilayah tugasnya yang menyalahi aturan. "Satu sisi kami prihatin dengan bangunan yang kami bongkar namun sisi lain kami ini hanya menjalankan tugas. Tidak ada kompromi bila salah kami bongkar," ungkap Robert Silalahi.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah