Headlines News :
Home » , » Kelurahan Semper Barat Sosialisasikan Pengolahan Sampah Rumah Tangga

Kelurahan Semper Barat Sosialisasikan Pengolahan Sampah Rumah Tangga

Written By Metropost on Jumat, 17 Mei 2013 | 20.22

JAKARTA, MP - KELURAHAN Semper Barat Kecamatan Cilincing Kota Administrasi Jakarta Utara berkeinginan mewujudkan kawasan yang peduli lingkungan hidup. Salah satu caranya melalui Sosialisasi Pengerekan Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga, Kamis (16/5) di aula kantor kelurahan setempat. Hadir sebagai nara sumber Suyudi dari Suku Dinas Kebersihan Kota Administrasi Jakarta Utara.

"Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan kesadaran masyarakat untuk mengelola sampah yang diawali dari rumah tangga, dan berharap apa yang disampaikan oleh nara sumber dapat direalisasikan dilapangan," jelas Lurah Semper Barat Kelik Sutanto.

Dalam penjelasannya, Suyudi menjelaskan tentang kebersihan yang kerap kali tidak jauh dari sampah. Yang berbeda, kata Suyudi, adalah cara pandang kita tentang sampah, menurut saya sampah adalah sebagai sumber uang dan bernilai ekonomis.

"Untuk melihat sampah bernilai ekonomis, dalam hal ini cukup mudah yakni dengan cara melaksanakan pemilihan sampah dari rumah masing-masing, yakni dengan cara menyiapkan tiga tempat sampah seperti, sampah organik (sisa sayuran, daunan, dan lain-lain), non organik (sampah plastik, sisa bungkus deterjen, dan lain-lain), serta sampah B3 (berbahaya) seperti sisa botol, semprot atau obat nyamuk, atau batu batery bekas. Untuk jumlah sampah B3 di rumah tangga, jumlahnya sangat kecil," jelas Suyudi kepada warga Kelurahan Semper Barat.

Suyudi menambahkan, setelah dilakukan pemilahan, untuk sampah organik dalam hal ini dapat kita olah menjadi pupuk. Sedangkan untuk sampah non organik dapat kita bawa ke bank sampah, nantinya dibank sampah, sampah tersebut di timbang, selanjutnya ditabung, atau bisa di tukar menjadi uang.

Sesuai dengan Undang-Undang No. 8 tahun 2008, persoalan sampah menjadi tanggung jawab aparat pemerintah, masyarakat, dan juga dunia usaha, terang Suyudi.(idris)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah