Headlines News :
Home » , » Lurah RBU Ajarkan Buat Kompos

Lurah RBU Ajarkan Buat Kompos

Written By Metropost on Rabu, 22 Mei 2013 | 21.54

JAKARTA, MP -Sebagai bentuk ikut mencintai budaya bersih di lingkungan, Lurah Rawa Badak Utara (RBU), Suranta, mengajarkan cara pembuatan pupuk kompos kepada siswa-siswi SDN 01/02 RBU, Kecamatan Koja Jakarta Utara.

Hal ini dilakukan untuk mendidik para siswa guna memanfaatkan sampah sekolah menjadi pupuk organik yang ramah bagi lingkungan. Selain itu, pemanfaatan sampah menjadi pupuk kompos juga membantu dalam mengurangi volume sampah di tempat pembuangan akhir (TPA) dari sampah organik dan non organik.

"Kalau sampah plastik dapat dikelola menjadi perhiasan dinding, tempat pena, pot bunga, dan sebagainya," ujar Suranta, Jakarta, Selasa (21/5).

Dalam kesempatan itu, Suranta mengajak langsung para siswa-siswi SDN 01/02 RBU untuk mempraktekan pembuatan pupuk kompos, mulai dari menghancurkan daun-daun, mencampurnya dengan bio faktor EM4 dan gula merah sampai proses penyimpanan di bak kompos.

Untuk diketahui, proses penyimpanan 'adonan' pupuk ini memakan waktu seminggu sampai 10 hari agar pupuk siap digunakan.

Praktek pembuatan pupuk kompos ini dilakukan dengan cara semenarik mungkin dan disampaikan secara gamblang. Hal ini dilakukan untuk memberikan motovasi kepada para siswa untuk mencintai lingkungan sedari dini.

"Tanpa merusaknya, seperti yang selama ini dilakukan dengan cara membakarnya, kebiasaan ini diharapkan dapat berlanjut dilingkungan tempat tinggal siswa dan tidak hanya di sekolah," harap Suranta.(idris)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah