Headlines News :
Home » » Mendagri: Jangan Sering-sering Foto Copy e-KTP

Mendagri: Jangan Sering-sering Foto Copy e-KTP

Written By Metropost on Senin, 06 Mei 2013 | 17.03

JAKARTA, MP - - Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Senin 6 Mei 2013, mengimbau masyarakat tidak sembarangan memperlakukan e-KTP. Sebab, e-KTP memiliki chip, tak sama dengan KTP jenis lama.

"Karena memang e-KTP itu beda dengan KTP yang lama. Kalau sekadar foto copy masih tidak apa-apa. Walaupun jangan terlalu sering," ujar Gamawan di Kantor Presiden, Jakarta.

Selain itu, lanjut dia, e-KTP juga tidak boleh dihekter dengan clipper. "Pokoknya jangan diperlakukan seperti KTP lama. Dalam e-KTP ada yang namanya chip. Kalau dia bolong-bolong nanti chipnya jadi rusak," kata dia.

Namun, jika e-KTP rusak, Gamawan memastikan masyarakat bisa menggantinya dengan yang baru. "Dan gratis," tuturnya. Hingga Januari 2013, sebanyak 174.142.000 warga negara Indonesia sudah diambil sidik jari, iris mata, dan sudah difoto.

Sebagian besar warga juga sudah menerima e-KTP yang nantinya bakal jadi syarat melamar pekerjaan. e-KTP juga rencananya akan digunakan untuk pembuatan NPWP, BPJS, dan Askes. "NPWP menurut Pak Menteri Keuangan akan menggunakan data ini.

Sehingga orang dewasa sudah memiliki NPWP dari sidik jari dan itu tidak bisa dipalsukan," jelas Mendagri akhir Januari lalu.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah