Headlines News :
Home » , » STBM Bertekad Jadikan Jakarta Utara Asri dan Sehat

STBM Bertekad Jadikan Jakarta Utara Asri dan Sehat

Written By Metropost on Rabu, 22 Mei 2013 | 21.57

JAKARTA, MP -
Wahana Visi Indonesia (WVI) Jakarta bersama Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara akan melakukan sanitasi total di daerah kumuh perkotaan. Kegiatan yang dinamakan 'Gerakan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM)' ini bertujuan agar kawasan Jakarta Utara menjadi asri dan sehat.
Kegiatan ini merupakan bagian dari program Pengurangan Risiko Bencana yang rencananya akan dilaksanakan di enam kelurahan. Keenam kelurahan itu adalah Kelurahan Kalibaru, Kelurahan Semper Barat, Kelurahan Marunda, Kelurahan Cilincing, Kelurahan Penjaringan RW 12 dan 13, dan Kelurahan Kamal Muara.

Berdasarkan hasil kajian Asian Disaster Preparedness (ADP), sebuah organisasi non profit yang bertujuan mendukung masyarakat untuk meminimalisir dampak bencana di kawasan tersebut, ditemukan bahwa di enam kelurahan tersebut sanitasi buruk menjadi penyebab kerentanan terkait dengan potensi bahaya banjir, demam berdarah, dan diare.

Hal tersebut diungkapkan Ketua WVI Jakarta Charles didampingi anggota WVI Marji kepada Kabag Tata Ruang dan Lingkungan Hidup Jakarta Utara, Gondewa, beserta jajaran di ruang VIP kantor Walikota, Jakarta, Selasa (21/5).

Diharapkan dengan STBM ini, masih kata Charles, dapat membangun komitmen bersama pemerintah dan masyarakat untuk mewujudkan kampung yang asri.

Harapan pun terbit seiring dengan adanya STBM yang diyakini dapat mendorong masyarakat untuk mendukung kota layak anak.

"Berharap banyak masyarakat yang mulai berhenti buang air besar sembarangan dan membangun jamban secara swadaya, membangun bank sampah secara mandiri, bahkan dapat memberikan penghasilan tambahan dari produk daur ulang yang dihasilkan dari bank sampah tersebut," ujar Marji.

Berkaitan dengan wilayah ADP di Penjaringan dan Cilincing, Camat Penjaringan Sitorus dan Lurah Semper Barat Kelik Sutanto mengatakan, lokasi Penjaringan dan Cilincing sangat tepat sasaran. Hal ini dikarenakan wilayah tersebut banyak kantong-kantong wilayah kumuh dan harus segera dibenahi.(idris)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah