Headlines News :
Home » , , , » 8 Ruko di Sukapura Dibongkar

8 Ruko di Sukapura Dibongkar

Written By Metropost on Selasa, 02 Juli 2013 | 19.26


 
 Jakarta,MP Sebanyak delapan unit rumah toko (ruko) di Perumahan Karya Pelindo 2, Blok E1 Nomor 23, 24, dan 25, Imperial Gading, Kelurahan Sukapura, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, dirobohkan Sudin Pengawasan dan Penertiban Bangunan (P2B), Jakarta Utara. Petugas terpaksa merobohkan bangunan tersebut, karena tidak sesuai peruntukkan.
"Sesuai izin yang mereka urus adalah untuk rumah tinggal, tapi dalam pelaksanaannya ternyata dibangun ruko untuk tempat usaha," ujar Bambang Sudjimanto, Kasudin P2B Jakarta Utara, Senin (1/7).

Sebelum melakukan pembongkaran, pihak P2B sendiri, menurut Bambang, sudah melayangkan surat peringatan hingga penyegelan gedung yang dilakukan sejak April hingga akhir Juni 2013. Tapi, pemilik gedung tidak mengindahkan peringatan itu dan malah meneruskan pembangunan.

Karena dianggap tidak patuh dan melawan perintah penghentian pembangunan, Sudin P2B Jakarta Utara pun merobohkan struktur bangunan dua lantai sebanyak delapan unit tersebut. "Setelah dirobohkan pemilik bangunan bila ingin kembali membangun, silakan mengurus perizinan yang baru sesuai peruntukannya," tegasnya.

Menurutnya, tindakan yang dilakukan Sudin P2B terhadap bangunan yang didirikan di lahan seluas 600 meter persegi itu sudah sesuai dengan Peraturan Daerah DKI Jakarta Nomor 7 Tahun 2010 tentang Bangunan Gedung. "Karena itu kami mengimbau kepada seluruh masyarakat, agar selalu memenuhi kelengkapan administrasi yang diisyaratkan oleh peraturan, yang dalam hal ini adalah perda tersebut. Kalau memang izinnya rumah tinggal, maka dibuat rumah tinggal. Jangan sampai seperti ini, izin rumah tinggal tetapi dibuat usaha," ucapnya.

Bambang menambahkan, penertiban seperti ini perlu dilakukan, sebab ke depannya berkaitan dengan retribusi daerah. Bahkan, dia mensinyalir pelanggaran seperti ini masih banyak terjadi di wilayah Jakarta Utara. Karena itu, pihaknya akan secara intensif memantau setiap bangunan di wilayah Jakarta Utara.
 
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah