Headlines News :
Home » , » Jelang Ramadhan, Pedagang Kembang dan Tukan Parkir di Pemakaman Kebanjiran Rezeki

Jelang Ramadhan, Pedagang Kembang dan Tukan Parkir di Pemakaman Kebanjiran Rezeki

Written By Metropost on Selasa, 09 Juli 2013 | 01.36

JAKARTA, MP - Sebagian masyarakat memanfaatkan akhir pekan ini dengan melakukan ziarah kubur ke pusara keluarga dan handai taulan menjelang bulan puasa tahun ini. Seperti yang terpantau di Tempat Pemakaman Umum Budi Dharma Semper, TPU Kampung Mangga Koja dan TPU Malaka Rorotan atau Pemakaman Keluarga dipenuhi warga yang melakukan ritual keagamaan dengan membacakan doa, yassin tahlil dan tahmid, selain itu mereka juga menaburkan bunga dan menyiram air mawar diatas pusara.

Titi 36, Salah seorang warga Cilincing   menerangkan menjelang puasa memang sengaja meluangkan waktu untuk berziarah kubur, untuk mendoakan mereka yang telah mendahului sekaligus mengingat kenangan selama masih hidup. Dan ritual ini sudah dilakukan setiap tahunnya seperti diawal akan puasa serta di hari raya Idul Fitri nanti. "Saya kesini untuk mendoakan ibu saya yang sudah meninggal saat menjelang Ramadhan, biar puasa saya jadi afdol," ujarnya kepada  MP , Minggu (6/7/2013). Dalam ziarah kubur itu Titi juga membawa keluarga dan tetangga untuk mendatangi pusara sang ibunda. Selanjutnya Ziarah Kubur akan kembali dilakukan pada hari raya Idul Fitri mendatang.

Banyaknya peziarah, membawa rejeki bagi penjual kembang maupun juru parkir di lokasi TPU. Pasalnya kembang maupun minyak wangi yang mereka jual dibeli oleh peziarah untuk menyirami makamnya. "Alhamdullilah pak!  dagang kembang seperti ini musiman saja. karena ramainya awal memasuki bulan puasa serta di hari Idul Fitri nanti" tutur Heni 45, pedagang kembang di TPU Budi Dharma.

Dijelaskan, Heni ia membuka dagang kembangnya sejak kemarin hingga senin nanti. Dalam satu hari dirinya bisa mendapatkan uang hingga Rp 75 ribu sampai 150 ribu. Pendapatan ini menurun dibandingkan 4 tahun lalu. Pasalnya sekarang ini banyak sekali yang berdagang kembang.

Sementara itu, Topik 24, Jukir di TPU Kampung Mangga maupun Rudi Jukir di TPU Budi Dharma sangat beruntung. Karena membludaknya peziarah telah memberikan rejeki buatnya. Sebab para peziarah yang membawa kendaraan baik roda dua dan empat iapun harus menjaga keamanan kendaraannya. "Kami jaganya bergantian pak! dengan teman lainnya. Dalam sehari ini kami sudah mendapatkan uang Rp 80 ribu" ujarnya.(idris)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah