Headlines News :
Home » , , » Markas Polsek Akan Jadi Rest Area

Markas Polsek Akan Jadi Rest Area

Written By Metro Post News on Kamis, 18 Juli 2013 | 16.22

GARUT,  Markas-markas polsek di sepanjang jalur pantai utara, jalur tengah, dan jalur selatan Jawa Barat akan dijadikan rest area saat arus mudik dan balik Lebaran. Para pemudik dapat mempergunakan sejumlah fasilitas di rest area ini untuk beristirahat sejenak dari perjalanannya.
Kapolda Jabar, Inspektur Jenderal Suhardi Alius, mengatakan selain markas-markas polsek, sejumlah lahan kosong di pinggiran jalur mudik Lebaran pun akan diubah menjadi rest area. Di atas lahan kosong, akan didirikan tenda-tenda yang dilengkapi berbagai fasilitas untuk beristirahat bagi para pemudik.
"Ini berdasarkan instruksi Mabes Polri. Hal ini dilakukan untuk menekan jumlah kecelakaan. Tahun kemarin, kecelakaan didominasi roda dua. Kecelakaan disebabkan tingkat kelelahan yang tinggi dan kelalaian," kata Kapolda Jabar saat ditemui di sela kunjungannya di Mapolres Garut, Kamis (18/7).
Tahun ini, tuturnya, diperkirakan terdapat sekitar 7-8 juta kendaraan yang akan menyesaki jalur pantai utara, jalur tengah, dan jalur selatan Jawa Barat saat mudik dan balik Lebaran. Tahun lalu  terdapat 6,7 juta kendaraan pemudik.
Peningkatan jumlah kendaraan pemudik ini, ucapnya, tidak diimbangi dengan perluasan jalan. Akibatnya, beban jalan semakin berat dan kemungkinan kemacetan lalu lintas semakin tinggi.
"Sampai saat ini ada delapan titik perbaikan jalan di Jawa Barat, lima titik di jalur pantura, satu titik di jalur tengah, dan dua titik di jalur selatan. Diperkirakan semua selesai 30 Juli dan pengerjaannya tidak mengganggu arus mudik. Kita siagakan personel di titik-titik itu," kata Kapolda Jabar.
Menurutnya, untuk Operasi Ketupat 2013, Polda Jabar menyiagakan lebih dari 36.000 personel. Untuk jalur tertentu, seperti jalur pantura, Polda Jabar menempatkan satu personel setiap 200 meter. (*)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah