Headlines News :
Home » , , , » Buang Sampah di Ciliwung Akan Ditangkap

Buang Sampah di Ciliwung Akan Ditangkap

Written By Metro Post News on Rabu, 14 Agustus 2013 | 11.30

Jakarta,-Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan TNI akan menindak tegas warga yang membuang sampah ke Sungai Ciliwung. Bahkan, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan petugas untuk menangkap siapa pun yang membuang sampah di sungai.

Pemprov DKI dan TNI, kata Jokowi, akan membentuk tim patroli di aliran Sungai Ciliwung. Setiap harinya akan ada satu tim patroli yang menyusuri Sungai Ciliwung. Mereka akan mencegah warga untuk membuang sampah ke aliran kali.

"Setiap hari ada satu tim. Warga yang ketahuan akan langsung ditangkap biar jera," tegas Jokowi, saat acara aksi bersih Kali Ciliwung bersama TNI, Rabu (14/8).

Dalam aksi bersih Kali Ciliwung ini, ada sekitar 1.000 personil TNI Angkatan Darat yang diturunkan. Ini merupakan rangkaian program Karya Bakti TNI AD. "Sebelumnya sudah ada di Pontianak dan Surabaya," ucap Jenderal Moeldoko, Kepala Staff Angkatan Darat.

Moeldoko menyayangkan karena selama ini perawatan kali masih kurang. Padahal menurutnya, kali di Luar Negeri menjadi potensi dan dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan termasuk sektor keamanan. "Kalau di Jakarta malah jadi ancaman," ujar Moeldoko.

Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak mendukung kegiatan ini. Karena dengan tertib pemanfaatan sungai, secara infrastruktur bisa memenuhi kebutuhan. "Ini salah satu upaya meningkatkan kapasitas sungai ciliwung. Tahun ini akan dibuat proyek penambahan kapasitas dari Otista 2 sampai Manggarai," terangnya.

Selain itu, Hermanto mengatakan, segera membuat sodetan yang berfungsi pengalihan air di Kali Ciliwung jika sedang tinggi. "Termasuk kalau airnya tinggi untuk membuang, bisa ke Kali Cipinang dan Banjir Kanal Timur. Itu dibuat sodetan," tandasnya.

Usai melakukan apel, Jokowi, Moeldoko, dan Hermanto langsung turut menyusuri Sungai Ciliwung menggunakan perahu karet dari Kopasus.

Dalam aksi bersih Kali Ciliwung tersebut, khusus di wilayah Jakarta Selatan disediakan 13 truk serta 8 genmor pengangkut sampah. Dengan 150 personil dari Suku Dinas PU Tata Air dan Suku Dinas Kebersihan Jakarta Selatan.(BJ)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah