Headlines News :
Home » , » Kota Tua Terancam Hilang

Kota Tua Terancam Hilang

Written By Metro Post News on Kamis, 15 Agustus 2013 | 12.10

Jakarta,- Perwakilan Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) menyampaikan kekhawatiran akan rusak dan hilangnya kawasan bersejarah kota tua jika tidak segera diambil tindakan. 
 
"Kami khawatir kota tua dapat berubah bentuk, hilang dan hancur jika melihat kondisi sekarang yang seperti dibiarkan saja" ujar Kepala Unit Kebudayaan Kantor UNESCO Jakarta Masanori Nagaoka dalam pertemuan dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, Selasa (19/3), di Balaikota, Jakarta. 
 
Ia mengingatkan pengalaman serupa pernah terjadi di Nagaoka Jepang. Banyak bangunan tua dan bersejarah di kota tersebut dimiliki oleh bermacam pihak hingga menyulitkan revitalisasi. 
 
Basuki mengatakan sejak tahun 1970 UNESCO telah menawarkan bantuan untuk melakukan revitaslisasi Kota Tua. "Sekarang mereka mendesak kita segara melakukan revitalisasi kawasan yang memiliki keindahan sekaligus nilai sejarah tersebut" ujarnya. 
 
Ia mengatakan sudah mengirimi surat kepada Presiden untuk meminta gedung-gedung yang dimiliki oleh BUMN diserahkan kepada Pemrpov DKI Jakarta. 
 
Sementara itu menurut Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri (KDH/KLN) DKI Heru B Hartono proses revitalisasi mengalami kendala karena banyaknya pihak yang memiliki sejumlah bangunan di kawasan tersebut. 
 
"Padahal sejak 10-15 tahun lalu Pemprov DKI memiliki program revitalisasi namun banyak pihak tidak konsisten sehingga hasilnya tidak tertata dengan baik seperti sekarang" ujarnya. 
 
Saat ini kondisi Kota Tua memang semrawut seakan tidak tertata. Pedagang kaki lima berjejal memenuhi sudut taman Fatahillah. Belum lagi sampah yang berserakan semakin membuat Kota Tua kehilangan keindahannya. Kondisi ini belum ditambah ancaman rubuhnya beberapa gedung yang tidak terawat. 
 
Heru mengingatkan dibutuhkan kerjasama semua pihak untuk menjaga warisan budaya ini. Masyarakat juga harus memiliki kesadaran untuk menjaga Kota Tua.  
 
Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo juga pernah berjanji akan mempercantik kawasan Kota Tua. Jokowi mengatakan Kota Tua adalah aset yang sangat berharga bagi kota Jakarta. Ia juga mengatakan siap untuk mempercantik bangunan-bangunan yang ada jika memang pemiliknya memberikan kepada Pemprov DKI. 
 
"Kalau memang nggak mau, diberikan ke kita. Kita juga siap untuk jadi pemilik," ujarnya. (kompas/Sy)
 
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah