Headlines News :
Home » » 2014, Seluruh Terminal di Ibukota Akan Dibangun Total

2014, Seluruh Terminal di Ibukota Akan Dibangun Total

Written By Metro Post News on Senin, 09 September 2013 | 17.22

Jakarta - Mulai tahun depan, Ppemprov DKI Jakarta akan membangun total sebanyak 15 terminal yang ada di Ibukota dengan konsep khusus. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan fasilitas dan kenyamanan bagi masyarakat.
"Tahun depan, kami akan bangun total, bukan rehab. Ada 15 terminal yang akan direvitalisasi. Kita ini tidak hanya mengganti bus-nya, tetapi juga terminalnya. Termasuk fasilitas, masyarakat yang harus diberikan kenyamanan," kata Jokowi di Balai Kota, Senin (9/9).
Jokowi mengatakan, saat ini kondisi terminal di Jakarta memiliki image negatif. Dengan demikian pihaknya ingin mengubah image itu dengan membangun total seluruh terminal yang ada di Jakarta.
"Sehingga nanti image-nya bukan preman atau polusi, tapi konsepnya masuk ke terminal itu seperti masuk ke hotel bintang lima," ujarnya.
Menurut Jokowi, nantinya di terminal tersebut juga akan memiliki landscape taman yang hijau total, aliran bus terkontrol dan tidak bercampur baur dengan penumpang yang berjalan.
Adapun rencana yang akan diterapkan oleh Pemprov DKI akan terwujud dalam tiga konsep yaitu, mezanine, pedestrian crossing, dan kombinasi antara mezanine dengan pedestrian crossing.
Konsep mezanine sendiri merupakan pergerakan orang di lantai terpisah dan tidak bersinggungan dengan angkutan umum. Sementara itu, konsep pedestrian crossing merupakan konsep sebidang yang diperuntukkan bagi penumpang atau mirip dengan yang ada di bandara. Sedangkan untuk combination crossing merupakan kombinasi diantara kedua konsep diatas.
Contoh terminal yang nantinya akan diterapkan konsep mezanine adalah terminal Kampung Rambutan, Pulo Gadung, Kali Deres, Rawa Mangun. Contoh konsep pedestrian akan diterapkan di terminal Kota, Muara Angke, Ragunan, Klender, Pasar Minggu, dan Tanjung Priok. Sementara konsep kombinasi akan diterapkan di terminal Manggarai, Lebak Bulus, Senen, Pinang Ranti, Kampung Melayu, dan Grogol.
Jokowi mengatakan, nantinya seluruh terminal tersebut konsep bangunannya akan bergaya kolonial dan memiliki ciri khas sendiri. Dengan demikian, lanjutnya, hal tersebut bisa untuk membangun brand dari terminal yang ada di Jakarta.
"Artinya terminalnya, warna catnya sama, tampak depan juga sama, sehingga orang kalau masuk ke sebuah terminal, ketahuan ini terminal begini, pasar begini, sekolah begini. Ini yang akan kita bangun brand-nya," katanya.
Anggaran untuk pembangunan seluruh terminal itu, dialokasikan sebesar Rp1,7 triliun yang akan dianggarkan dalam APBD 2014. Target penyelesaian pembangunannya sendiri bermacam-macam ada yang setahun hingga multiyears.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah