Headlines News :
Home » » Bangunan Pasar Poncol Senen Memprihatinkan

Bangunan Pasar Poncol Senen Memprihatinkan

Written By Metro Post News on Jumat, 06 September 2013 | 13.00


Pasar tradisional sebagai tempat berbelanja murah, belum sepenuhnya diimbangi dengan kondisi bangunan pasar yang memadai. Bahkan, tak jarang masih dapat dijumpai kondisi pasar dalam keadaan rusak sehingga menimbulkan ketidaknyamanan bagi pedagang dan pembeli.

Seperti yang terlihat pada Pasar Poncol di Jalan Kalibaru Timur, Senen, Jakarta Pusat. Kondisi pasar tersebut kini sudah sangat memprihatinkan. Pasar yang ditempati sekitar 600 pedagang tersebut sudah tidak layak ditempati karena atapnya banyak yang bolong. Selain itu sebagian asbes juga banyak yang hilang. Untuk menyiasati keadaan, para pedagang menggunakan tenda-tenda untuk menghindarkan barang dagangannya dari air hujan.

Bau tidak sedap juga tercium dari dalam pasar. Belum lagi penataan Pasar Poncol yang tidak teratur juga membuat kemacetan di sekitar Jalan Kali Baru Timur menuju Cempaka Putih maupun di ruas jalan di dalam pasar. Terkadang barang dagangan tumpah ruah di pinggir jalan dan puluhan sepeda motor parkir sembarangan membuat kondisi lalu lintas menjadi tersendat.

Darmaji (60), salah seorang pedagang di Pasar Poncol mengatakan, para pedagang sudah menginginkan Pasar Poncol direnovasi, karena kondisi pasar sudah memprihatinkan. "Bangunannya sudah parah. Mungkin tidak sampai satu tahun bangunan sudah roboh, kalau tidak segera diperbaiki," ujarnya, Kamis (5/9).

Terkait hal itu, Kepala Pasar Poncol, Micky Lekatompessy menuturkan, sebenarnya sudah ada rencana renovasi pasar tersebut dari Suku Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) Jakarta Pusat. Tapi sampai saat ini wacana tersebut belum terealisasikan.

"Memang jika melihat kondisi pasar saat ini dengan luas sekitar 300 meter ini memang sudah harus diperbaiki. Terakhir kali Pasar Poncol diperbaiki sekitar 10 tahun lalu. Dari sebelum bulan Ramadhan, sudah ada rencana perbaikan dari Sudin KUMKMP, tapi sampai sekarang belum ada realisasi. Kondisi pasar sekarang sudah hancur, jadi memang sudah perlu direnovasi," terangnya.

Namun, Kasudin KUMKMP Jakarta Pusat, Slamet Widodo mengatakan, lokasi Pasar Poncol tidak akan direvitalisasi seperti Pasar Modern. Pasalnya, kawasan Pasar Poncol berada dalam prospek kawasan pengembangan terpadu Senen.

"Kawasan Pasar Poncol masuk dalam kawasan pengembangan Senen. Jadi kawasan terpadu seperti pusat bisnis, hunian dan transportasi. Di kawasan Senen nantinya jadi kawasan super blok dan terintegarasi dengan perdagangan. Sekarang masih dalam tahap pembahasan," katanya.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah