Headlines News :
Home » , » BPBD Kabupaten Bogor : 8 Kecamatan Mulai kekeringan

BPBD Kabupaten Bogor : 8 Kecamatan Mulai kekeringan

Written By Jainal Fatmi on Selasa, 03 September 2013 | 17.51

Kab.Bogor, MP - Bukan hanya Kecamatan Cariu sebagai lumbung padi terancam kekeringan, tapi sejumlah kecamatan lainnya di Kabupaten Bogor mulai dihantui kekeringan. Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor sampai Senin sedikitnya delapan kecamtan mulai mengalam krisis air.

Kedelapan kecamatan selain Cariu, di antaranya Tanjungsari, Caringin Citeuerup, Gunung Putri dan daerah Bogor barat seperti Tenjo, Parung Panjang, Rumpin dan Cigudeg. “Dari laporan yang kita terima, tercatat delapan kecamatan itu yang mulai mengalami krisis air. Sedangkan Kecamatan Cariu sudah mengalami kekeringan,” ujar Sekretaris BPBD Kabupaten Bogor Makmur Rojak, Senin.

Sementara beberapa kecamatan lainnya berpontesi kekeringan. “Dari 40 kecematan, delapan mulai mengalami kekringan dan 14 lainnya berpotensi mengalami krisi air,” terangnya. Menurutnya, kekeringan selalu dialami Kecamatan Cariu, Tanjungsari, Caringin dan Tenjo. Sebab keempat daerah ini memiliki jumlah resapan air yang semakin berkurang. Diperparah dengan analisis perubahan iklim global pada atmosfer laut dan daratan cenderung meningkat.

Mengatasi kesulitan air di delapan kecamatan ini pihaknya bersama dinas terkait sudah mengirimkan 37 pompa air untuk menyedot air sungai.

“Selian itu sejak 210 lalu sudah dibuatkan sumur artesis dan bak penampungan air, sehingga smapia kni bmaish bisa diatasi,” tambahnya.

Namun jika sampai bulan depan, hujan tak kunjung datang pihaknya akan melibatkan PDAM Tirta Kahuripan untuk mengerakan mobil tangki air di delapan kecematan itu. ”Sejak tiga minggu ini hujan tak turun dan diprakirakan n sampai bulan depan, sebab itu kita mengandang PDAM,” katanya.

Dirut PDAM Tirta Kahuripan Hadi Mulya Asmat mengatakan pihaknya siap membantu masyarakt yang mengalami kekeringan. ‘Seperti tahun-tahun sebelumnya kita siapkan mobil tangki minimal seminggu tiga kali di daerah yang mengalami krisis air. Tahun lalu kita bantau sekitar 70 ribu liter air,” katanya.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah