Headlines News :
Home » , » Disparbud DKI Promosikan 'Enjoy Jakarta' ke Turki dan Qatar

Disparbud DKI Promosikan 'Enjoy Jakarta' ke Turki dan Qatar

Written By Metro Post News on Kamis, 26 September 2013 | 12.43

Jakarta - Semangat Pemprov DKI Jakarta menjadikan sektor pariwisata sebagai salah satu tulang punggung perekonomian daerah ini semakin terlihat. Setelah meraih sukses di Malaysia dan Tiongkok, kini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta menggencarkan promosi ke kawasan Timur Tengah melalui negara Turki dan Qatar.
"Jakarta sudah menjadi salah satu destinasi wisata pilihan bagi wisatawan mancanegara, termasuk dari kawasan Timur Tengah yang masuk kedalam 10 terbesar dari sisi jumlah wisatawan," kata Kepala Disparbud DKI Jakarta, Arie Budiman di Jakarta, Rabu (25/9).
Lebih lanjut Arie mengatakan, setelah berpromosi ke Malaysia dan Tiongkok, pihaknya akan menggelar road show Enjoy Jakarta ke Turki dan Qatar.
"Kami berusaha mendorong lebih banyak lagi wisatawan dari manca negara berkunjung ke Jakarta," tambahnya.
Wisatawan Timur Tengah, lanjut Arie, umumnya dikenal sebagai wisatawan yang memiliki karakteristik high spender tourist dan memiliki waktu tinggal yang relatif lebih lama bila dibandingkan dengan wisatawan dari kawasan lain.
Tahun lalu, jumlah kunjungan wisatawan ke Jakarta lebih dari 30 juta orang, sebagian besar merupakan wisatawan domestik yang mencapai 28,88 juta orang dan manca negara. 2,125 juta orang.
"Dari seluruh jumlah wisatawan manca negara yang datang ke Indonesia, wisatawan Malaysia, kemudian Tiongkok, Jepang, Singapura dan wisatawan asal Timur Tengah adalah yang terbanyak sesuai dengan urutannya," kata Arie.
Menurut dia, promosi tidak hanya dilakukan di luar negeri, tapi juga di sejumlah kota di Tanah Air yang dinilai potensial.
Untuk pasar domestik, tahun ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta sudah melakukan promosi dengan menggelar kegiatan Jakarta Tourism Expo di Kota Surabaya, Manado dan Banjarmasin.
"Mungkin, kita akan melakukan penambahan lagi sampai akhir tahun ini," kata Arie.
Kontribusi sektor ini terhadap pembangunan dan perekonomian DKI Jakarta memang terus meningkat seiring dengan keberhasilan promosi dan peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke Jakarta. Tahun lalu pendapatan Pemprov DKI Jakarta dari sektor ini sudah mencapai Rp 3 triliun.
"Harapannya ke depan, dana promosi bisa ditingkatkan lagi untuk meningkatkan efektivitasnya," ujar Arie.
Mengenai promosi ke kawasan Timur Tengah, dia menjelaskan formatnya hampir sama dengan yang dilakukan ke Malaysia, China, dan Taiwan, yaitu dengan memfasilitasi kegiatan forum bisnis antara pelaku industri pariwisata dari Jakarta dengan pelaku industri pariwisata di Turki dan Qatar.
Di Turki, penyelengaraan Roadshow Enjoy Jakarta akan berlangsung Istanbul pada 23 September 2013. Selain press conference dengan pers setempat, delegasi dari Jakarta yang berasal dari kalangan industri pariwisata juga akan bertemu dengan kalangan industri pariwisata Turki dalam acara Table Top Meeting yang dilanjutkan dengan Gala Dinner.
Acara yang sama juga diselenggarakan pada road show Enjoy Jakarta di Qatar, yang berlangsung di Kota Doha pada 26 September 2013. Selain acara tersebut, baik di Istanbul dan Doha, delegasi Indonesia juga akan menggelar pagelaran budaya Betawi dan Indonesia, serta Food Festival dan Food Parade.
"Disamping acara tersebut, di kedua kota itu kita juga akan menggelar pagelaran kesenian tradisional termasuk memperkenalkan kuliner Indonesia dengan mengikutsertakan juru masak dari Indonesia dalam acara Food Festival dan Food Parade," katanya.
Arie yakin, sektor pariwisata di DKI Jakarta akan terus berkembang dengan pesat dan menjadi lahan usaha yang menggiurkan dan memberikan kontribusi yang besar bagi pembangunan Jakarta.
Potensi ke arah sana terlihat pertumbuhan berbagai fasilitas wisata yang dibangun sektor swasta yang terus berkembang. Saat ini saja di Jakarta tersedia tidak kurang dari 1.257 tempat hiburan dan rekreasi yang menyajikan lebih dari 19 jenis hiburan yang siap memberikan berbagai pengalaman keceriaan dan kenyamanan bagi wisatawan.
Untuk wisata belanja, Jakarta mulai dikenal sebagai pusat produk-produk bermerek (branded) yang juga tak kalah dengan kota-kota besar dunia lainnya.
Saat ini, jumlah pusat perbelanjaan di Jakarta juga terus bertambah. Grand Indonesia, Plaza Indonesia, Senayan City, Plaza Senayan, Mal Kelapa Gading. Mal Pondok Indah, Mal Taman Anggrek, serta Central Park adalah mal-mal ternama di Jakarta, yang menawarkan berbagai produk-produk fashion berkualitas internasional.
"Jakarta kini tidak hanya dikenal sebagai kota beragam jenis hiburan, tapi juga telah menjadi kota belanja dengan daya saing kuat dan trend mode serta fashion yang terus berkembang. Dari segi harga, belanja di Jakarta jauh lebih murah, termasuk untuk produk brand-brand internasional yang jaringan outlet-nya juga terus bertambah pada berbagai mal di Jakarta," tutur Arie.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah