Headlines News :
Home » , » DKI Percepat Pelebaran Jalan Fatmawati

DKI Percepat Pelebaran Jalan Fatmawati

Written By Metro Post News on Senin, 09 September 2013 | 17.32

Jakarta - Untuk mendukung pelaksanaan pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) yang akan dimulai pada Oktober mendatang, Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI mempercepat pengerjaan pelebaran Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan. Ditargetkan, pelebaran jalan tersebut dapat rampung pada akhir tahun ini juga.
Kepala Dinas PU DKI Manggas Rudy Siahaan mengatakan, untuk mempercepat pelebaran Jalan Fatmawati guna pembangunan depo dan stasiun layang, pihaknya telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 32 miliar. Pelebaran jalan akan dilakukan mulai depan ITC Fatmawati hingga Pasar Blok A.
“Saat ini pelebaran jalan sedang kita lakukan. Pelebaran dilakukan untuk mendukung pembangunan MRT di kawasan tersebut. Memang sangat diperlukan jalan yang lebar untuk pembangunan stasiun layang,” kata Manggas di Balai Kota DKI, Senin (9/9).
Pelebaran Jalan Fatmawati yang dilakukan PT Jaya Konstruksi ini membutuhkan pembebasan lahan, karena jalan akan dilebarkan di dua sisi: kanan dan kiri. Untuk lebar jalan yang akan diperluas tersebut, ukurannya bervariasi. Yaitu antara dua hingga lima meter di kedua sisinya.
Sebab lebar jalan harus disesuaikan dengan trase jalan hingga daerah milik jalan (DMJ) kembali seperti lebar awalnya, yakni dengan lebar antara enam hingga tujuh meter di kedua sisi.
“Jadi, tugas untuk pembebasan lahan ada di Pemkot Jakarta Selatan. Setelah bebas, baru kita akan melakukan pelebaran jalan di Jalan Fatmawati di kedua sisinya,” ujar Manggas.
Terkait penebangan pohon yang terkena proyek pelebaran Jalan Fatmawati, Manggas menyerahkan penyelesaian masalah tersebut kepada Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta. Pengerjaan pendukung pembangunan MRT tidak hanya ditangan Dinas PU DKI, tetapi juga melibatkan banyak dinas atau instansi terkait di jajaran Pemprov DKI Jakarta.
Pelebaran Jalan Fatmawati juga telah dilakukan mulai dari Jalan TB Simatupang hingga Cipete atau sepanjang 1,7 kilometer, pada 2012 lalu. Sisi kiri dan kanan jalan sudah mulai dilebarkan. Pelebaran Jalan Fatmawati memang dilakukan secara bertahap, untuk mengindari kemacetan lalu lintas.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah