Headlines News :
Home » » Eks PKL Pasar Gembrong Mengeluh Sepi Pembeli

Eks PKL Pasar Gembrong Mengeluh Sepi Pembeli

Written By Metro Post News on Selasa, 17 September 2013 | 08.00

Jakarta,-Pedagang kaki lima (PKL) yang dulu berjualan di Pasar Gembrong Jl Basuki Rahmat, kini telah direlokasi ke Pasar Gembrong Cipinang Besar (PGCB), PD Perumnas Klender, dan Pasar Sunan Giri. Namun, karena banyak pelanggan yang tidak tahu mereka telah pindah, omzet pedagang pun menjadi merosot.

Tatan (27) PKL yang telah direlokasi ke Pasar Gembrong Cipinang Besar (PGCB), mengaku selama sepekan ini berjualan di dalam pasar, dirinya mengalami penurunan pendapatan yang drastis. Ia mengungkapkan, selama akhir pekan, Sabtu (14/9) dan Minggu (15/9) ia hanya mendapat keuntungan sebesar Rp 50 ribu.

Padahal di hari biasa berjualan di tepi Jl Basuki Rahmat, dirinya bisa mendapat keuntungan bersih sebesar Rp 500 ribu/hari. "Di Pasar Gembrong, pembeli ramai hari Sabtu dan Minggu. Nah, ini kita dua hari hanya dapat Rp 50 ribu. Ini benar-benar mematikan pemasukan kita," keluhnya, Senin (16/9).

Sepinya pembeli, membuatnya terpaksa menutup tokonya lebih cepat. Bahkan, beberapa pedagang nekat kembali ke lokasi berjualan semula ke tepi jalan. "Kalau kelihatan banyak toko yang tutup, itu karena beberapa di antara mereka balik ke lokasi sebelumnya. Ya mau tidak mau begitu, karena di sini sepi. Jujur, ini beberapa pekerja di toko saya juga buka lapak lagi di sana," ungkapnya.

Untung (55), pedagang bunga imitasi yang juga turut direlokasi juga mengeluh sepi pembeli. Tidak adanya pembeli membuat dirinya harus meminjam uang kepada tetangga. "Sudah hampir Rp 1 juta hutang saya. Untungnya tetangga masih percaya dan tahu kondisi saya," katanya.

Menanggapi keluhan PKL tersebut, Camat Jatinegara, Syofian Taher mengatakan, pihaknya hanya bisa melakukan sosialisasi kepada masyarakat bahwa saat ini pedagang Pasar Gembrong sudah dipindahkan ke PGCB, PD Perumnas Klender, dan Pasar Sunan Giri. Ini dilakukan untuk membantu pedagang mendapatkan pembeli. "Sudah berulangkali kita sosialisasi melalui pemberitaan bahwa sekarang pedagang direlokasi ke tiga tempat itu," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) Jakarta Timur, Johan Effendi, mengaku masih mengupayakan promosi untuk mengenalkan tiga lokasi baru PKL Pasar Gembrong kepada masyarakat. Bahkan ia mengatakan, pihaknya akan menggandeng media untuk sosialisai tersebut.

“Kami yakin promosi tersebut akan meningkatkan pengunjung hingga 30 persen,” tegasnya.

Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah