Headlines News :
Home » , » Gubernur Jatim Terima Penghargaan WTP dari Wapres

Gubernur Jatim Terima Penghargaan WTP dari Wapres

Written By Metro Post News on Kamis, 12 September 2013 | 21.53

Surabaya - Gubernur Soekarwo kembali menerima penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan daerah provinsi Jatim.
Penghargaan WTP untuk Laporan Keuangan Tahun 2012 dengan Capaian Standar Tertinggi dalam Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah tersebut diserahkan Wakil Presiden Boediono, Kamis (12/9/2013) di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta.
Bersamaan digelarnya Rapat Kerja Nasional Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2013.
Gubernur Soekarwo mengatakan,laporan keungan Pemprov Jatim mendapat opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tiga tahun berturut-turut.
Hal itu sesuai dengan Laporan Hasil Pemeriksaaan (LHP) BPK RI atas laporan keuangan Pemprov Jatim Nomor : 89.A/LHP/XVIII.JATIM/05/2013.
Opini WTP ini sebelumnya telah diserahkan Kepala BPK Perwakilan Jatim, Heru Kreshna Reza, melalui Pimpinan DPRD Jatim pada saat Rapat Paripurna DPRD Jatim dalam Rangka Penyampaian LHP BPK atas LKP Pemprov Jatim Anggaran 2012, di Gedung DPRD Jatim, 28 Mei lalu.
"Alhamdulillah, penghargaan ini luar biasa. Karena kami telah berhasil meraih predikat WTP tiga kali berturut-turut," tegas Pakde Karwo, usai menerima penghargaan.
Selain Jatim, hanya Sulawesi Utara yang berhasil meraih WTP tiga kali.
Menurut Pakde, untuk mempertahankan prestasi ini, Pemprov Jatim telah menerapkan Non Cash Transaction (NCT) dalam pengadaan barang dan jasa. Dengan cara ini, pembayaran non tunai akan dilakukan bagi kontraktor atau rekanan yang telah menerima pekerjaan dari pemprov.
"Semua transaksi sumber dana dan administrasinya dilakukan secara online," katanya.
Meski demikian, pihaknya mengakui bahwa memang masih ada beberapa yang masih menjadi pekerjaan rumah, yaitu melakukan sertifikasi aset jalan yang dimiliki pemprov. Saat ini ada aset jalan yang belum tersertifikat, tapi Pemprov sudah melakukan proses sertifikasi aset meski belum selesai.
"Yang penting proses sudah mulai jalan dengan baik. Makanya kami optimis tahun depan kita akan mendapatkan predikat standar tertinggi lagi," tegasnya.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah