Headlines News :
Home » » Hamil 5 Bulan, Sapi Dapat Bantuan Rp 500 Ribu

Hamil 5 Bulan, Sapi Dapat Bantuan Rp 500 Ribu

Written By Metro Post News on Senin, 16 September 2013 | 16.35

Jatim,-Di saat masyarakat miskin mendapatkan Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) sebesar Rp 300 ribu, masyarakat yang memiliki sapi dan hamil berusia 5 bulan juga mendapatkan bantuan uang sebesar Rp 500 ribu per ekornya.
Bantuan sapi hamil yang didanai APBN tahun 2013 ini dialokasikan untuk 4 kelompok yang tersebar di 4 kecamatan. Diantaranya, Kecamatan Mangaran, Kendit, Panarukan dan Banyuputih.
“Setiap kelompok ada sebanyak 288 ekor dengan total bantuan masing masing kelompok mendapatkan bantuan sebesar Rp 180 juta,” ujar Sentot Sugiono, Sekretaris Dinas Peternakan Situbondo, Senin (16/09/2013).
Sebelum mendapatkan bantuan penyelamatan sapi betina produktif sebesar Rp 500 ribu, maka sapi yang akan mendapatkan bantuan itu dilakukan pemeriksaan oleh tim reproduksi yang dibentuk oleh Dinas Peternakan Kabupaten Situbondo.
“Ini sudah pencairan termin tahap kedua, karena untuk termin tahap pertama sudah dicairkan pada Juni 2013 lalu,” katanya.
Tujuan pemerintah memberikan bantuan tersebut, diharapkan para peternak sapi di Situbondo agar menjaga populasi ternak sapinya. “Yang tak kalah penting, saya kira tercapainya swasembada daging di Jatim,” jelasnya.
Program bantuan sapi hami di Situbondo ini, merupakana bantuan tahun yang kedua. Sebelumnya, pada tahun 2012, peternak sapi yang tersebar di 14 kecamatan, telah mendapatkan bantuan penyelamatan sapi betina produktif tersebut.
“Penyebaran bantuan untuk sapi hamil tahun ini menurun dibandingkan pada 2012 lalu. Untuk tahun 2013 ini, hanya ada 4 kecamatan yang mendapatkan bantuan itu,” ujarnya.(TR)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah