Headlines News :
Home » , » Harga Sapi Kurban Melejit

Harga Sapi Kurban Melejit

Written By Metro Post News on Selasa, 24 September 2013 | 22.08

Jabar,-Harga sapi kurban naik hingga 73 persen menjelang Iduladha 1434 Hijriah. Naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) dan pakan sapi dianggap menjadi penyebab naiknya harga sapi.
Penjual sapi kurban di Jalan Jenderal Sudirman, Cirebon, Ajo mengatakan, harga sapi kurban di lapaknya ditawarkan Rp 12,5 juta - Rp 26 juta per ekor. Harga tersebut lebih mahal dibandingkan harga sapi menjelang Iduladha tahun lalu.
"Kalau dulu, sapi dengan daging 800 kilogram hanya ditawarkan Rp 15 juta, tapi sekarang harganya sudah Rp 26 juta. Hampir naik 100 persen," kata Ajo di lapaknya, Selasa (24/9).
Ajo mengatakan, naiknya harga sapi kurban akibat naiknya harga BBM dan pakan sapi. "Sapi ini kan didatangkan dari Banyumas, Jateng. Dari sananya harganya sudah naik. Selain itu, ongkos untuk mendatangkan sapi juga mahal karena harga BBM yang mahal. Pakan juga sekarang mahal," ujar Ajo.
Di lapaknya, Ajo menawarkan puluhan ekor sapi berbagai jenis dan ukuran. Sebagian sapi sudah diberi nama sebagai tanda jika sapi tersebut sudah dibeli orang. Sementara sebagian lagi masih belum ada yang membeli.
Ajo mengaku, setiap menjelang Iduladha dirinya memilih menjual sapi kurban. Biasanya dilakukan sebulan sebelum hari H Lebaran Haji. Pada hari biasa, ia bekerja di rumah pemotongan hewan (RPH) di Kabupaten Cirebon. "Pengalaman tahun lalu terjual 40 ekor sapi. Mudah-mudahan tahun ini juga sebanyak itu. Sekarang sih sudah sembilan hari jualan, terjual 14 ekor," katanya. (*)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah