Headlines News :
Home » , » Kak Seto: Kasus Dul Harus Jadi Introspeksi bagi Semua Keluarga

Kak Seto: Kasus Dul Harus Jadi Introspeksi bagi Semua Keluarga

Written By Metro Post News on Senin, 09 September 2013 | 17.37

Jakarta - Psikolog anak Seto Mulyadi mengatakan banyak hal yang bisa dipetik dari peristiwa kecelakaan maut yang melibatkan Dul, anak musisi Ahmad Dhani. Peristiwa memilukan ini pun harus menjadi pelajaran berharga dan celah untuk intropeksi bagi semua unsur masyarakat serta secara khusus pada keluarga.
"Memang saat ini banyak anak-anak kecil yang terlihat mengemudikan motor, dan sering terjadi kecelakaan. Karena ini melihatkan selebriti ini menjadi berita besar," katanya di Jakarta, Senin (9/9).
Pria yang akrab disapa Kak Seto ini pun menegaskan bahwa peristiwa ini harus menjadi bahan introspeksi. Kepolisian harus semakin meningkatkan sosialisasi akan bahaya berkendara roda dua atau pun roda empat bagi anak di bawah umur.
Sosialiasi melalui kehadiran polisi cilik itu sudah bagus, tapi untuk remaja belum ada. Selain itu, pemerintah hingga tingkat RT/RW harus berani melarang dengan tegas anak mengendarai motor atau mobil, sehingga tidak lagi terjadi pembiaran.
Ia memandang, dari pengamatannya, sebagian besar keluarga-keluarga di Indonesia tidak ada lagi melakukan rapat atau diskusi dalam keluarga. Orang tua cenderung dipenuhi kesibukan pekerjaan. "Tahu-tahu anaknya sudah pacaran misalnya, orang tua telah kehilangan kemudi," tegasnya.
Kebiasaan mendogeng, bertukar cerita dan perhatian meluntur. Sehingga peristiwa kecelakaan maut ini bisa dipandang sebagai kesalahan pola asuh orangtua dan hal ini tentu harus menjadi pembelajaran.
Di samping itu, sekolah sebagai institusi pendidikan formal pun harus pola mengambil peran positif dalam tumbuh kembang anak. Jangan sampai anak hanya diperlakukan seperti robot, disodori ujian nasional. Namun anak-anak dengan talenta tertentu seperti olahraga, bermusik dan lainnya kurang diapreasiasi.
Frustasi pada anak pun terjadi jika kondisi seperti itu. Anak pun mencari pelarian dengan perilaku menyimpang seperti narkoba, merokok bahkan seks bebas.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah