Headlines News :
Home » , » Pemkab Gresik Bakal Pugar 338 Rumah Warga Miskin

Pemkab Gresik Bakal Pugar 338 Rumah Warga Miskin

Written By Metro Post News on Senin, 02 September 2013 | 19.54

GRESIK - Pemerintah Kabupaten Gresik melakukan pemugaran rumah bagi keluarga miskin (gakin) sebanyak 338 unit.
Guna pemugaranb, pemerintah menyiapkan alokasi dana sebesar Rp 3,7 miliar.
Tahap awal realisasi pemugaran rumah gakin ini baru dilaksanakan untuk 74 unit rumah. Masing-masing rumah mendapat bantuan Rp 15 juta.
"Untuk tahap awal ini, Pemkab Gresik mengucurkan anggaran sebesar Rp 1,11 milyar," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Gresik, Bambang Isdianto, Senin (2/9/2013).
Pemugaran rumah gakin ini dari usulan kelompok masyarakat desa ke Kepala Desa selanjutnya diusulkan ke Camat setempat. 
Kelompok inilah mendata rumah yang ada di desa dengan ketentuan yaitu rumah yang sangat parah kerusakannya dan paling tidak layak.
Selanjutnya pihak kecamatan mengusulkan secara kolektif, rumah gakin yang ada di wilayah dibuatkan proporsal, kemudian diajukan ke Dinas Pekerjaan Umum, Kabupaten Gresik.
Sekretaris Dinas PU Kabupaten Gresik, Ida Lailatul Sa’diyah, mengatakan, semua usulan yang masuk dilakukan survey dan di data tingkat kerusakannya.
"Lalu kami menentukan bantuannya. Dari pengajuan masyarakat yang masuk memang bervariasi, ada yang hanya Rp 5 Juta sampai Rp 7 juta, ada yang lebih dari 15 juta. Maka sesuai keputusan bantuan disama ratakan menjadi Rp 15 juta," kata Ida.
Kekurangan bantuan pemugaran rumah gakin sebanyak 264 dari total 338 rumah gakin yang dipugar pada tahun 2013, Kabag Humas Pemkab Gresik, Agus Setya Prambudi, mengatakan, akan direalisasi pada tahap selanjutnya.
"Untuk yang 74 unit ini sudah siap, selanjutnya pada tahap ke II akan kami realisasikan melalui PAK. Tapi dapat dipastikan 338 rumah gakin ini bisa dipugar pada tahun anggaran 20130," kata Agus.
Sementara Kepala Desa Bedanten, Kecamatan Bungah, Madjid, yang warganya mendapat bantuan bedah rumah gakin tersebut mengatakan senang dengan program ini.
"Kami telah mengajukan empat warga untuk menerima bantuan ini. Tapi untuk tahap awal hanya 2 warga yang bisa teralisasi," katanya.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah