Headlines News :
Home » , , , , » Pemprov DKI gelar Lebaran Betawi di Monas

Pemprov DKI gelar Lebaran Betawi di Monas

Written By Metro Post News on Kamis, 05 September 2013 | 13.09


Jakarta, MP,_Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta beberapa waktu lalu kembali menggelar `Lebaran Betawi`, yakni acara tahunan yang dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Idul Fitri 1434 Hijriyah, di Monumen Nasional atau Monas.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ketika membuka Lebaran Betawi di Monas, Jakarta Pusat, Sabtu, mengatakan berbeda dengan lokasi penyelenggaraan sebelumnya yang selalu berpindah-pindah, kali ini acara Lebaran Betawi digelar di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat.

"Lokasi penyelenggaraan Lebaran Betawi jangan pindah-pindah lagi, sebaiknya dipusatkan di Monas saja. Karena, saya dan Pak Gubernur (Joko Widodo) ingin menjadikan Monas sebagai pusat segala kegiatan masyarakat," kata dia.

Menurut pria yang akrab disapa Ahok itu, jika dipusatkan di Monas, maka Lebaran Betawi yang merupakan acara tahunan dapat dimasukkan dalam kalender destinasi wisata kota Jakarta.

"Jadi, setiap tahun turis-turis, baik domestik maupun mancanegara, bisa memasukkan jadwal kunjungannya ke acara ini untuk mengetahui dan mengenal kebudayaan Betawi," ujar Ahok.
Pada penyelenggaraan Lebaran Betawi tahun ini, wilayah yang menjadi tuan rumah adalah Kabupaten Kepulauan Seribu. Adapun tema Lebaran Betawi pada tahun 1434 Hijriah kali ini adalah "Berpadu Wujudkan Jakarta Baru".

Lebaran Betawi merupakan wadah komunikasi dan silaturahim masyarakat Jakarta yang majemuk dengan mengangkat tradisi nilai keluhuran masyarakat Betawi. Nantinya, akan ada prosesi antaran dari lima wilayah Ibu Kota kepada Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Perhelatan dikemas dengan konsep pesta taman dan dilengkapi dengan simulasi perkampungan Betawi di tengah kemajemukan budaya Jakarta.

Berbagai atraksi budaya khas Betawi akan ditampilkan, seperti tarian Betawi, gambang keromong, tanjidor, wayang kulit Betawi, keroncong Jakarta, sambrah, orkes melayu, ondel-ondel, layar tancap, lenong Betawi, palang pintu, dan permainan tradisional Betawi. Makanan minuman khas Betawi juga yang banyak dijajakan, seperti bir pletok, geplak, wajik, dan kerak telor.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah