Headlines News :
Home » , » Penertiban PKL Pasar Gembrong Tanpa Perlawanan

Penertiban PKL Pasar Gembrong Tanpa Perlawanan

Written By Metro Post News on Senin, 09 September 2013 | 17.59

JAKARTA -
Penertiban pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Basuki Rahmat, di sekitar kawasan eks Lokasi Binaan PKL JT 22 dan 23, Senin (9/9/2013), berlangsung lancar dan tertib.Sebanyak 470 personel gabungan dari Satpol PP, TNI, Polri, dan Dishub, diterjunkan untuk menertibkan.
Ditemui di lokasi, Kepala Satpol PP Jakarta Timur Syahdonan, berterima kasih kepada para PKL karena mau mengerti, dan tidak lagi menjual lapaknya di bahu jalan.

"Alhamdulillah, para pedagang, termasuk paguyuban PKL karpet, kooperatif. Sebelumnya, mereka sempat menolak direlokasi. Namun, setelah kami ajak bicara sebelum penertiban pagi tadi, mereka mau mengerti dan bekerja sama," kata Syahdonan saat di Pasar Gembrong, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (9/9/2013).
Dalam penertiban kali ini, lanjut Syahdonan, pihaknya tidak mendapati para PKL menggelar lapaknya di pinggir jalan. Itu karena sebelum ditertibkan, para PKL sudah lebih dulu membereskan lapaknya.

"Karena dagangan mereka menutupi trotoar dan menjorok ke jalan, ya kami tertibkan. Untuk menjaga trotoar agar tidak dipenuhi PKL lagi, kami tempatkan 280 personel yang dibagi dalam dua shift, yakni pada pagi hari 140 personel, dan sore hari 140 personel yang bertugas," jelasnya.
Sementara, Camat Jatinegara Sofiyan Taher memaparkan, umumnya para PKL menjajakan boneka, mainan, makanan, dan karpet.
Total ada 211 PKL yang belum dapat tempat penampungan. Kini, sebanyak 130 PKL penjual boneka, mainan, dan makanan, sudah ditampung di Pasar Gembrong, Cipinang Besar.

“Sedangkan sisanya yang belum tertampung, masih diberi waktu satu bulan untuk direlokasi ke Pasar Klender SS atau Sunan Giri Rawamangun, sebagai alternatif untuk tempat penampungan," ungkapnya.
Syofian menjelaskan, pedagang karpet yang berjumlah sekitar 44 orang, masih diberikan kesempatan selama satu bulan. Dalam batas waktu satu bulan, PKL karpet langsung dapat meminta kunci kios mereka di Pasar Perumnas Klender kepada pihak PD Pasar Jaya. (*)

Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah