Headlines News :
Home » » Puncak Musim Hujan di DKI Terjadi Januari-Februari

Puncak Musim Hujan di DKI Terjadi Januari-Februari

Written By Metro Post News on Senin, 28 Oktober 2013 | 17.41

Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncak musim hujan di Jakarta akan terjadi pada Januari hingga Februari tahun depan. Sementara, hujan yang terjadi hingga dua bulan ke depan, disebut masih tergolong normal, namun bisa membuat Jakarta banjir bila drainase tak berfungsi secara baik. "Kalau musim hujan sudah mulai terjadi akhir Oktober.

Ini walaupun intensitasnya belum lebat. Hujan saat ini masih normal," ujar Kepala Bidang Humas BMKG, Eko Haryadi, di Jakarta, Senin (28/10). Eko menjelaskan, saat puncak musim hujan di Jakarta awal tahun depan, hujan diperkirakan akan merata di semua wilayah.

Untuk itu, dia meminta warga untuk mewaspadai kemungkinan banjir terjadi di sejumlah wilayah. Banjir kiriman dari kawasan Puncak Bogor diperkirakan akan menjadi momok bagi warga Jakarta. Apalagi karena setiap musim, curah hujan di kawasan Puncak memang selalu tinggi. Dikatakan Eko, suhu permukaan laut Samudera Pasifik tropis yang telah berlangsung dari awal Oktober 2013, diperkirakan akan terus bertahan hingga awal Januari 2014.

Tiupan angin monsun yang bertiup dari Australia akan menyebabkan terjadinya pengurangan curah hujan di wilayah Indonesia sebelah selatan Khatulistiwa. Untuk kecepatan angin, dikatakan Eko, akan berlangsung normal. Namun pihaknya tidak bisa memprediksi perubahan yang mendadak hingga kemungkinan terjadinya puting beliung, di saat awan tidak merata dan timbul perbedaan panas di daerah tertutup awan.

 "Saat ini sudah memasuki masa transisi, di mana pertumbuhan awan pada pagi hari dan siang hari yang panas. Hal itu karena Jakarta secara musim iklimnya berbeda dengan daerah lainnya. Jadi, Jakarta Selatan akan terlebih dulu memasuki musim hujan, baru kemudian menyusul daerah lainnya," tuturnya.

Meski tidak bisa memastikan apa yang bakal terjadi, Eko mengaku berharap, perkiraan ini bisa menjadi informasi awal bagi banyak pihak. Prediksi ini menurutnya, nantinya dapat dijadikan acuan untuk mengambil kebijakan bagi semua mitra BMKG dan masyarakat luas.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah