Headlines News :
Home » » DKI Akan Tingkatkan Razia Pengemis di Jakarta

DKI Akan Tingkatkan Razia Pengemis di Jakarta

Written By Metro Post News on Kamis, 28 November 2013 | 17.03


Jakarta - Sejak tertangkapnya pengemis gerobak bernama Walang bin Kilon (54) dengan uang sebesar Rp 25 juta, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI akan semakin meningkatkan razia pengemis di Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan selama Pemprov DKI selalu rutin melakukan razia atau penertiban bagi penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) yang mengadu nasib di ibu kota. Sayangnya, penertiban yang dilakukan dinilai belum efektif, karena jumlah PMKS semakin meningkat.

“Sebetulnya itu sudah rutin terus kita lakukan razia dan pembinaan. Hanya saja memang keberadaan pengemis di Jakarta silih berganti. Akibatnya panti sosial kita penuh semua. Lihat saja ke panti sosial kita,” kata Jokowi di Monas, Jakarta, Kamis (28/11).

Meski demikian Jokowi mengaku belum menemukan jurus yang tepat untuk menangani PMKS atau pengemis dan gelandang. Untuk sementara pihaknya akan meningkatkan razia terhadap PMKS. Begitu melihat ada satu pengemis di jalan, maka pengemis itu langsung dijaring dan dibawa ke panti sosial. “Belum punya jurus.

Tetapi ini karena masalah kemiskinan. Pokoknya kita tingkatkan razianya. Ada satu pengemis langsung diambil, dirazia, dimasukkan ke panti. Dilihat saja lah panti kita penuh atau tidak,” ujarnya. Pengemis yang terkena razia tidak akan dikenakan sanksi tindak pidana ringan (tipiring). Karena yang kena sanksi adalah orang yang memberikan sedekah kepada pengemis. “Ndak-ndak. Tipiring kan untuk yang memberi. Kalau pengemis, yang dirazia dimasukkan ke panti,” tegasnya.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah