Headlines News :
Home » , » DKP Kota Depok Mensosialisasikan Bank Sampah Di Cilangkap Tapos Depok

DKP Kota Depok Mensosialisasikan Bank Sampah Di Cilangkap Tapos Depok

Written By Metropost on Senin, 04 November 2013 | 16.24

Depok, MP - Dalam rangka mensosialisasikan bank sampah di Kelurahan Cilangkap Kecamatan Tapos Depok, H. Tono Hendratno Hasan S.Sos,sebagai Lurah Cilangkap beserta DKP kota Depok mengundang warga di aula Kantor Kelurahan.Acara yang digelar pada hari Rabu, 30 Oktober 2013 disambut hangat oleh warga, terbukti banyaknya warga yang datang memenuhi aula.

Sebagian besar warga cilangkap tidak mengerti apa maksud dan tujuan dari bank sampah.Setelah mendengarkan penjelasan yang diberikan oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan Lingkungan Hidup Kota Depok, yang diwakili oleh Bapak Burhanudin S.pi. warga diberikan waktu tanya jawab. “Saya pikir, sampah-sampah itu diambil door to door ke rumah kami pak , lumayan jadi nggak cape-cape buang sampah” salah satu warga mengungkapkan keinginannya.

Kembali Bapak Burhanudin S pi. menjelaskan bahwa masyarakat mesti membawa dan menyetor langsung ke bank sampah setelah memilah-milah jenis sampah seperti : kertas, plastik, logam dan kaca/botol beling. Dari jenis sampah tersebut akan dibeli oleh bank sesuai harga yang yang telah ditetapkan.

Adapun total berat akan dicatat oleh bank sampah dan dibayarkan pada penyetoran sampah selanjutnya. “Jadi, tidak langsung dibayar ya, pak?” tanya warga dengan antusias. “Keterbatasan waktu dan personil maka dibayarkan pada penyetoran berikutnya atau jika warga menginginkan uangnya di tabung, pihak bank akan membukakan rekening.” Jawab Pak Burhanudin sambil mempersilahkan kepada warga lain untuk bertanya lebih lanjut.

Diharapkan masyarakat yang awalnya terlalu membebani petugas sampah keliling dengan segunung sampah rumah tangga dapat berkurang jumlahnya setelah mereka mengerti bahwa sampah-sampahitu dapat bernilai ekonomis dengan sedikit usaha. Setelah selesai acara seorang ibu rumah tangga berkata dengan logat daerahnya “Iya..ya, kenapa kagak dari dulu aja ada bank sampah, sudah banyak tabungan saya” Lurahpun tersenyum mendengar jawaban warganya saat diwawancarai oleh Metro Post. (iwan)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah