Headlines News :
Home » , , » 132 Bus Transjakarta Baru Akan Beroperasi Tahun Depan

132 Bus Transjakarta Baru Akan Beroperasi Tahun Depan

Written By Metro Post News on Jumat, 20 Desember 2013 | 16.49

Jakarta - Sebanyak 132 bus Transjakarta baru dari total 310 bus yang direncanakan akan mulai beroperasi mulai Januari 2014. Sisanya, akan secara bertahap dipenuhi oleh Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta.
Kepala Bidang Angkutan Darat Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, 132 bus Transjakarta telah didatangkan dari Tiongkok. Sekarang sedang menunggu proses dokumen pengadaan barang, setelah proses itu rampung, maka ratusan bus Transjakarta yang baru itu segera beroperasi pada awal tahun.
“Saat ini, 132 armada Transjakarta yang baru itu sudah datang di Tanjung Priok. Kita mau bawa ke pool, biar bisa dioperasikan untuk meningkatkan pelayanan bus Transjakarta,” kata Syafrin, Jumat (20/12).
Diungkapkannya, target pengadaan bus Transjakarta menggunakan APBD DKI dapat menambah sebanyak 310 armada bus. Namun yang baru datang sebanyak 132 armada, sedangkan sisanya 178 armada lainnya akan dibeli secara bertahap.
“Ya, paling lambat, target 310 bus Transjakarta tersebut dapat tercapai pada Januari 2014. Namun, yang baru dapat beroperasi pada Januari tahun depan baru 132 unit. Semuanya sudah dilakukan uji KIR dan lolos semua,” ujar Syafrin.
Seluruh armada Transjakarta baru tersebut menggunakan bahan bakar gas (BBG). Hal ini merujuk pada Peraturan Gubernur (Pergub) 141/2007 tentang Penggunaan BBG untuk Angkutan Umum dan Kendaraan Operasional Pemerintah Daerah, serta Peraturan Daerah 2/2005 tentang Pengendalian Pencemaran Udara dan Undang-Undang 32/2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, semua kendaraan umum harus menggunakan bahan bakar gas.
Belajar dari pengadaan 310 armada baru ini yang mengalami kegagalan pelaksanaan lelang, maka ke depannya, Dishub DKI tidak lagi menggunakan sistem lelang dalam pengadaan armada bus Transjakarta. Melainkan menggunakan e-katalog yang sudah dipersiapkan Lembaga Kebijakan Pengadaan barang dan jasa Pemerintah (LKPP), melalui sistem e-purchasing atau pembelian elektronik.
“Kita akan beli bus baru melalui e-katalog. Targetnya, tahun depan kita harus membeli 4.000 bus baru. Terdiri dari 3.000 bus sedang dan 1.000 bus Transjakarta. Rencana ini sudah kita ajukan ke dewan. Tinggal menunggu persetujuan saja,” paparnya.
Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono membenarkan, 50% dari 310 bus yang ditargetkan, saat ini sudah datang di Jakarta dan masih disimpan di beberapa pool. Di antaranya di Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Pul Jalan Perintis Kemerdekaan, Jakarta Timur, dan Pul Cibitung, Bekasi, Jawa Barat.
Pengadaan bus itu menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2013 dengan total anggaran Rp 848 miliar.
"Datangnya bertahap. Ratusan bus yang disimpan di pool itu belum bisa langsung dioperasikan. Karena saat ini masih proses pengadaan barang dan proses administrasi. Hingga nantinya diserahterimakan kepada Badan Layanan Umun Transjakarta. Pastinya, paling lambat, Januari 2014 sudah beroperasi,” ujar Udar.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah