Headlines News :
Home » , » 2014, Pelajar Parepare Bebas Biaya Angkot

2014, Pelajar Parepare Bebas Biaya Angkot

Written By Metro Post News on Rabu, 11 Desember 2013 | 17.38

Pemerintah Kota Parepare menargetkan paling lambat akhir 2014, seluruh sekolah di Kota Parepare sudah menerapkan kebijakan transportasi gratis kepada seluruh siswanya.
Hal tersebut disampaikan Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, di sela sela peluncuran transportasi gratis bagi siswa SMP Negeri 3 Parepare, Selasa, (10/12).

Untuk sementara, program ini baru diterapkan pemerintah setempat di dua sekolah, yakni  SMP Negeri 10 dan SMP Negeri 3 Parepare.
“Kami menargetkan 2014 nanti, semua siswa sudah bebas biaya angkutan kota. saya tidak akan hianati apa yang telah saya ucapkan pada kampanye lalu," kata Taufan.

Menurut wali kota berlatarbelakang profesional hukum ini, proses pendidikan di Kota Parepare telah berjalan baik. Ia juga menyatakan salut dengan Kepala SMP Negeri 3 Parepare  yang dinilainya cukup inovatif dan kreatif dalam melakukan pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Ia mengakui, anggaran program transportasi gratis siswa bersumber dari dana BOS. Program ini kata Taufan merupakan bentuk keinginan kuat dirinya untuk memajukan dunia pendidikan, khususnya dalam mengatasi keterbatasan biaya pendidikan orang tua siswa.

"Persoalan pendidikan merupakan tanggung jawab semua pihak, namun, pemerintah harus menunjukkan political will, inovasi dan kreativitas dalam bentuk dukungan kebijakan dan program kerja yang nyata di lapangan," ujarnya.

Menurutnya program tersebut dimaksudkan untuk mengantisipasi terjadinya siswa putus sekolah karena kendala ekonomi.
“Karena itu, saya telah menginstrukan kepada seluruh camat lurah untuk melakukan pendataan siswa putus sekolah di daerahnya, termasuk persoalan yang mereka hadapi,” terangnya.

Tak hanya transportasi gratis, mulai 2014 nanti pemerintah kota juga menyiapkan beasiswa untuk guru dan siswa berprestasi, serta siswa kurang mampu hingga ke tingkat perguruan tinggi.
“Saya ingin sekali, guru-guru di daerah ini semua bergelar master. Dengan demikian, mutu pendidikan kita bisa lebih meningkat dan siswa-siswanya pintar-pintar,” katanya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP 3 Kota Parepare, Makmur, mengatakan, untuk sementara pihaknya baru menyiapkan delapan buah mobil angkutan.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah