Headlines News :
Home » , » 86,9 Persen Pemilih Muda Pasti Ikut Pemilu

86,9 Persen Pemilih Muda Pasti Ikut Pemilu

Written By Metro Post News on Rabu, 11 Desember 2013 | 17.36

JAKARTA - Ternyata, pemilih pemula dan generasi muda tidak apatis dengan Pemilu 2014. Dalam survei Indo Barometer, sebanyak 86,9 persen bahkan mengatakan akan berada di tempat pemungutan suara (TPS) pada hari H pemungutan suara.
"Untuk Pemilu 2014 mendatang, pemilih yang mengaku bisa dipastikan akan ikut memilih sebesar 86,9 persen. Hal ini menunjukkan antusiasme yang tinggi dari pemilih muda," ujar M Qodari direktur eksekutif Indo Barometer, dalam konferensi pers 'Opini Pemilih Muda Terhadap Politik dan Demokrasi di Indonesia Menjelang Pemilu 2014', di Restoran Larazeta, Tebet, Jakarta, Rabu (11/12/2013).
Angka tersebut berkurang 1,9 persen dari 88,8 persen yang sebelumnya mengatakan akan ikut memilih Pemilu jika dilaksanakan hari ini.
Untuk Pemilu 2014, yang belum bisa memastikan memilih atau tidak hanya 3 persen, sementara yang dipastikan tidak akan memilih adalah 0,5 persen. Sebanyak 9,6 persen mengatakan tidak tahu atau tidak menjawab.
"Alasan tidak atau belum pasti ikut memilih pada Pemilu 2014 mendatang adalah menunggu kampanye sebanyak 38,1 persen dan masih ragu atau bingung 28,6 persen dan tidak tahu atau tidak menjawab 16,7 persen," kata Qodari.
Dalam survei tersebut, lanjut Qodari, ada temuan menarik dimana pemilih muda memiliki pandangan positif pengaruh Pemilu terhadap masa depan bangsa.
Dari data tersebut, sebanyak 81 persen pemilih menyatakan setuju bahwa ikut serta dalam Pemilu adalah upaya memperbaiki keadaan Indonesia. Sementara 73,5 persen pemilih menyatakan bahwa Pemilu adalah penting untuk masa depan Indonesia.
Walau demikian, meskipun mereka menganggap Pemilu penting untuk bangsa, pemilih muda tersebut belum memiliki identitas partai (party id) yang cukup kuat ke salah satu partai.
"Hanya 10,8 persen yang menyatakan memiliki kedekatan dengan partai politik tertentu," ujar Qodari.
Hasil tersebut tentu sangat disayangkan mengingat partai politik merupakan salah satu instrumen utama dalam Pemilu.
Waktu pengumpulan data adalah 12-13 November 2013. Survei dilaksanakan di 33 provinsi di seluruh Indonesia dengan jumlah responden 1200 orang, margin of error sebesar kurang lebih tiga persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.
Responden dipilih dengan metode multistage random sampling untuk menghasilkan responden yang mewakili seluruh populasi publik muda Indonesia yang berusia 17-30 tahun ketika disurvei.
Pengumpulan data dengan wawancara tatap muka secara langsung dengan mengggunakan kuesioner.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah