Headlines News :
Home » , , » Bus Transjakarta Gratis Ketika APBD DKI Capai Rp 100 Triliun

Bus Transjakarta Gratis Ketika APBD DKI Capai Rp 100 Triliun

Written By Metro Post News on Kamis, 19 Desember 2013 | 17.35

Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana menyediakan angkutan umum gratis, namun kebijakan tersebut belum berlaku pada bus Transjakarta. Tampaknya Pemprov DKI masih belum akan menggratiskan bus Transjakarta bagi warganya.
Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, belum saatnya armada transportasi jenis Transjakarta digratiskan bagi pelanggan, karena nilai Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI masih belum bisa mencukupi untuk menyubsidi penuh biaya operasional bus Transjakarta.
Namun dia menjanjikan, angkutan umum bisa digratiskan, termasuk bus Transjakarta, bila APBD DKI sudah mencapai Rp 100 triliun. Diharapkan jumlah APBD sebesar itu dapat tercapai pada penyusunan APBD 2016 atau 2017.
“Kalau APBD kita bisa mencapai Rp 100 triliun, maka bisa gratis semua. Mudah-mudahaan 2016-1017, kita bisa mencapai APBD Rp 100 triliun. Saat ini kita lagi hitung,” kata Basuki di Balai Kota DKI, Jakarta, Kamis (19/12).
Untuk diketahui, Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (SiLPA) APBD DKI setiap tahunnya mencapai Rp 7-9 triliun. Bila operasionalisasi bus Transjakarta yang mencapai Rp 1,3 triliun per tahun, dalam perhitungannya, SiLPA bisa menutupinya.
Jumlah ini didapatkan dari subsidi bus Transjakarta yang dianggarkan dalam APBD 2013 sebesar Rp 886 miliar. Selanjutnya pendapatan tiket dari 350.000 penumpang dikalikan Rp 3.500 per penumpang menjadi Rp 1,2 miliar per hari. Bila dikalikan 365 hari, maka pendapatan dari penjualan tiket bus Transjakarta dalam setahun mencapai Rp 438 miliar.
Saat ini, lanjutnya, Pemprov DKI baru merencanakan pengadaan lima bus tingkat gratis segera direalisasikan pada Januari 2014 dan akan diujicobakan di rute Tanah Abang hingga Bunderan Hotel Indonesia.
Bus tingkat gratis yang disiapkan akan memiliki lantai (floor) dan pijakan pintu masuknya (deck) pendek. Bus itu akan masuk ke Blok G Tanah Abang, sehingga turis bisa langsung turun ke lokasi tersebut untuk wisata belanja.
Setelah bus tingkat gratis itu cukup, barulah rute selanjutnya yang akan dilewati oleh moda transportasi itu antara lain dari Monas ke Blok M maupun Kota Tua.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah