Headlines News :
Home » , » Jelang Pemilu, Pers Diingatkan Jaga Independensi

Jelang Pemilu, Pers Diingatkan Jaga Independensi

Written By Metro Post News on Kamis, 05 Desember 2013 | 17.16


Jakarta - Jelang pemilu legislatif dan pemilu presiden 2014, persaingan di antara partai politik dan figur yang akan mencalonkan diri sebagai presiden makin sengit. Karena itu, media massa diminta untuk berfungsi melakukan pendidikan politik ke masyarakat akan pentingnya suksesi kepemimpinan nasional.
Dalam konteks itu, Pers Indonesia harus profesional dalam memberitakan seputar kondisi politik serta pemilu tersebut, dan tak memakai agenda setting secara salah dan tidak berdasarkan fakta.
Guru Besar Universitas Persada Indonesia YAI Jakarta, Prof.Anwar Arifin, menilai pemberitaaan dan opini saat ini sudah bercampur, sehingga lebih cenderung mengedepankan subyektivitas ketimbang obyektivitas.
“Media memang memiliki fungsi sebagai agenda setter. Opini bisa direkayasa, dan itulah keunggulannya. Tetapi mohon menjadi agenda setter yang benar, yang berdasarkan fakta," tegas Anwar Arifin di Jakarta, Kamis (5/12).
Secara praktis, itu berarti fungsi kontrol dari media massa diharapkannya tidak berfungsi untuk mendiskreditkan pihak tertentu, apalagi tanpa bukti atau data yang kuat.
Pakar komunikasi politik Universitas Mercu Buana Jakarta, Heri Budianto, menegaskan Pers harus menjaga integritas dan kode etik yang telah disepakati. Menurutnya, dalam situasi politik seperti sekarang ini, memang sulit menjaga independensi pers jelang pemilu 2014, sebab hampir semua pemilik media bertarung dalam kontestasi politik 2014.
"Kepentingan pemilik media, tentu tidak bisa dilepaskan dari itu," ujar Heri.
Secara eksternal, Heri menyatakan lembaga seperti KPU, Bawaslu, KPI, dan Dewan Pers harus bersinergi untuk mengatur soal independensi dan keberimbangan media.
"Sudah seharusnya pihak-pihak terkait, khususnya KPU memiliki perangkat kebijakan untuk mengatur itu,” ujar Heri.
Walau demikian, Heri menekankan dirinya masih meyakini banyak media massa yang jujur, netral, dan menjaga kode etiknya.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah