Headlines News :
Home » , , » Pemekaran Bogor Barat Dibahas DPRD

Pemekaran Bogor Barat Dibahas DPRD

Written By Metro Post News on Kamis, 12 Desember 2013 | 17.48

Pemekaran daerah otonomi baru, Kabupaten Bogor barat kembali dibahas Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat bersama Bupati Bogor, Rachmat Yasin, di Pendopo Bupati, Cibinong, belum lama ini.

Pembahasan yang dilakukan salah satunya mengenai penyempurnaan aspek administrasi wilayah. Ketua Komisi A, DPRD Provinsi Jawa Barat, Yusuf Puadz, menjelaskan dirinya ditugaskan pimpinan DPRD untuk melakukan pembahasan dan memutuskan soal pemekaran Kabupaten Bogor Barat yang berkenaan dengan penyempurnaan aspek administrasi saja.


"Kita juga diminta DPR RI dan Gubernur Jawa Barat untuk mempercepat proses ini agar pada bulan Oktober hingga November ini bisa dilaksanakan harmonisasi di badan legislasi untuk undang-undang pemekaran Kabupaten bogor barat," jelasnya.

Berdasarkan perkembangan wilayah, ada perubahan salah satunya perubahan yaki jumlah desa. Awalnya 161 Desa menjadi 166 Desa di 14 Kecamatan. Kita juga ingin menopang keputusan Provinsi maupun Kabupaten. Salah satunya untuk daerah otonomi baru atau penyelenggaraan pemerintahan dan penyelenggaraan Pilkada. 


"Kita ingin mengakselerasi, mudah-mudahan awal bulan ini kita bisa lakukan paripurna untuk Bogor Barat sehingga masuk kepada program legislasi tingkat nasional sehingga bisa menjadi undang-undang pada tahun ini”, jelas Yusuf.

Ia menambahkan, pihaknya punya rencana pembangunan jangka menengah lima tahun mendatang. Provinsi Jawa Barat ingin mengembangkan Kabupaten Kota sampai 32 dari yang ada 27 sekarang. Salah satunya Bogor barat, Sukabumi Utara dan yang lainnya sedang berproses. 


Mengenai penentuan ibu kota, ada beberapa pertimbangan tertentu apakah di Leuwiliang atau di Cigudeg. "Mudah-mudahan bisa kita paripurnakan di DPRD Jawa Barat, melalui perubahan tentang keputusan DPRD tahun 2008 nomor 135 untuk disempurnakan berkaitan soal administrasi”, tambahnya yang juga Sekretaris DPW PPP Jawa Barat.

Persoalan awal pemekaran ini, lanjut dia, bisa dilihat adanya rentan kendali, kedepan yang paling inti kita harapkan adanya peningkatan kesejahteraan di daerah otonomi baru Kabupaten Bogor Barat yang lebih meningkat dari sebelumnya. Kemudian penduduk Kabupaten Bogor adalah yang terbesar di Jawa Barat, ini juga menjadi sebuah problem
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah