Headlines News :
Home » , , » Rusun Marunda Akan Jadi Komplek Percontohan

Rusun Marunda Akan Jadi Komplek Percontohan

Written By Metro Post News on Jumat, 06 Desember 2013 | 17.09

Rusun Marunda
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) akan menjadikan kawasan rumah susun sewa (rusunawa) Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, sebagai komplek percontohan. Hal tersebut disampaikan Jokowi ketika mengecek penambahan fasilitas yang diberikan Duta Besar Singapura, Anil Kumar Nayar dan bekerjasama dengan Yayasan Meek Foundation di Rusun Marunda, Jakarta Utara, Jumat (6/12).
Jokowi menyebutkan fasilitas dan pelatihan yang sudah ada. Akan dimatangkan dan dirampungkan terlebih dahulu. Hal itu dilakukan agar manfaatnya terlihat dan bisa dirasakan langsung oleh masyarakat di Rusun Marunda.
"Ini dibesarkan dulu. Ini memang kita mau buat Marunda sebagai percontohan. Urban farming-nya akan dibuat contoh," katanya.
Menurut mantan Walikota Solo ini, beberapa pelatihan yang sudah ada seperti las, salon, dan ternak lele bahkan sudah diterima di masyarakat. Ia menyebutkan, meskipun hal tersebut kecil, tetapi sangat bermanfaat bagi masyarakat.
Begitupun dengan pelayanan kesehatan yang ada di rusun tersebut juga sudah komplet. Terlebih sudah adanya ruang bersalin dan fasilitas perawatan serta ambulans untuk merujuk pasien yang memiliki tingkat urgensi tinggi. Bahkan untuk pembangunan ruang bersalin yang baru pun, dikatakan Jokowi merupakan bantuan. Termasuk ketersediaan tenaga medis yang cukup.
"Sudah komplet lah. Sudah diatasnya puskesmas, tempat bersalinnya ada. Tenaga medis terus di-shift, tidak ada masalah," katanya.
Jokowi menyebutkan, tahun depan pihaknya pun akan membangun sebanyak 200 blok rusun di Marunda. Dengan demikian, nantinya Marunda menjadi komplek rusun yang tertata, baik tata ruang, ruang hijau, public space, maupun sekolahnya.
"Setelah ini di sini tahun depan akan dibangun 200 blok rusun lagi sehingga nanti ini jadi komplek rusun tapi tertata. Tata ruangnya tertata, ruang hijaunya tertata, public space ruang bermainnya tertata, sekolahnya juga sama disiapkan semuanya," jelasnya.
Termasuk juga mengenai transportasi yang masih banyak dikeluhkan dan harus terintegrasi. Jokowi menyebutkan, pihaknya akan segera mengerjakannya kurang lebih dalam waktu seminggu ini.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah