Headlines News :
Home » , » SDN 07 dan 08 Duren Sawit Terendam Banjir

SDN 07 dan 08 Duren Sawit Terendam Banjir

Written By Metro Post News on Selasa, 17 Desember 2013 | 15.51

Jakarta - Hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya pada Senin (16/12) malam membuat sejumlah kawasan di Jakata Timur banjir.
Salah satunya melanda Gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) 07 dan 08 Duren Sawit, Jakarta Timur pada Selasa (17/12) pagi. Gedung sekolah yang berada di Jalan Inspeksi Saluran, dan Jalan Kavling Agraria itu terendam banjir setinggi sekitar 30 - 50 sentimeter (cm) dan sempat masuk ke dalam ruangan kelas.
Akibatnya, ratusan siswa kedua sekolah harus kembali mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) dengan menumpang di sekolah lain atau belajar di rumah. Bangku-bangku dan meja tulis terpaksa diungsikan ke tempat yang lebih tinggi agar tak tergenang.
Ariyo (7) murid kelas I SDN 07 Duren Sawit bersama dua rekannya harus berjuang melewati banjir untuk sampai ke sekolahnya pada pagi hari. Sesampainya di sekolah, pihak guru meminta ketiga murid untuk kembali dan belajar di rumah. Ariyo menuturkan banjir memang kerap melanda sekolahnya. "Sudah sering banjir begini. Disuruh pulang sama guru," katanya.
Kepala SDN 07 Duren Sawit, Endah Astuti menuturkan, banjir mulai masuk ke dalam kelas sejak pukul 03.00 WIB dinihari. Meski demikian, pada pagi hari, pihaknya masih memberikan materi di dalam kelas dalam kondisi banjir.
"Siswa tetap belajar walau air masuk ke dalam ruang kelas, tapi karena kita mau ada rapat guru maka siswa dipulangkan lebih awal, pada pukul 10.00 WIB," kata Endah.
Sementara, Kepala SDN Duren Sawit 08, Supeni mengatakan, di sekolahnya tidak ada kegiatan belajar mengajar (KBM). Sebanyak 450 murid sekolah ini telah diungsikan ke SDN Duren Sawit 16 dan 17 sejak sepekan lalu.
"Siswa kami kan sudah diungsikan sejak seminggu lalu. Jadi memang sejak awal kami khawatir akan banjir terus, makanya siswa belajar di tempat lain," kata Supeni.
Selain menggenangi dua sekolah, banjir juga menggenangi Jalan Rawa Domba sepanjang sekitar satu kilometer, dan beberapa ruas jalan lain di sekitar area tersebut.
Lurah Duren Sawit, Supriyanto menuturkan, banjir disebabkan tersumbatnya saluran yang sedang diperbaiki Suku Dinas Pekerjaan Umum (SDPU) Tata Air Jakarta Timur di Jalan Rawa Domba. Tanah urukan menyumbat saluran air sehingga menyebabkan air cepat meluap.
"Sedang ada pengerjaan saluran di Jalan Rawa Domba dan saluran tersumbat urukan tanah," kata Supriyanto kepada SP, Selasa (17/12) pagi.
Genangan air akhirnya dikuras menggunakan dua pompa penyedot milik SDPU Tata Air Jakarta Timur. Kendati begitu, hingga pukul 09.30 WIB genangan air masih ada. Supriyanto mengatakan, sekitar pukul 10.00 WIB, air sudah mulai surut.
Setelah seluruh air berhasil dikuras SDPU Tata Air akan kembali melanjutkan perbaikan saluran tersebut. "Tapi saya sendiri belum tahu pengerjaan ini kapan akan selesainya," ungkap Supriyanto
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah