Headlines News :
Home » , » Kenaikan Harga Elpiji 12 Kg Memberatkan Rakyat

Kenaikan Harga Elpiji 12 Kg Memberatkan Rakyat

Written By Jainal Fatmi on Minggu, 05 Januari 2014 | 01.55

JAKARTA, MP - Sekretaris Fraksi Partai Gerindra Edhy Prabowo menilai kenaikan harga elpiji 12 kg yang diberlakukan pemerintah per 1 Januari 2014 sangat memberatkan rakyat. Anggota DPR pun mendesak pemerintah dan Pertamina untuk meninjau ulang kenaikan harga elpiji.
"Kami sudah menerima banyak keluhan dari masyarakat. Mereka memanggung beban berat dari kenaikan harga elpiji ini," kata Edhy Prabowo di Jakarta, Sabtu (4/1).
Oleh sebab itu, Edhy Prabowo mendesak pemerintah dalam hal ini Menteri Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri BUMN Dahlan Iskan dan Dirut Pertamina Karen Agustiawan untuk meninjau kembali kenaikan harga tersebut.
"Mestinya pemerintah jangan asal menaikan harga-harga yang memberatkan beban rakyat," kata Edhy.
Menurutnya, meski kenaikan itu pada elpiji nonsubsidi namun hal itu juga akan memberatkan gerak bisnis para pelaku usaha terutama di sektor UMKM. Pasalnya, biaya operasional otomatis akan naik, produksi pun harganya akan melambung.
"Masalahnya, apa masyarakat sebagai konsumen memiliki daya beli yang cukup? Mestinya hal-hal seperti ini yang harus dipikirkan pemerintah," ujarnya.
Dia juga menyarankan agar Pertamina mencari solusi yang terbaik atas dampak kenaikan harga elpiji nonsubsidi ini. Menurut dia, bukan tidak mungkin akibat kenaikan akan terjadi migrasi besar-besaran pengguna elpiji nonsubsidi ke elpiji subsidi.
"Hal itu pada akhirnya akan menambah pemakaian elpiji subsidi bahkan menimbulkan kelangkaan. Apakah hal tersebut sudah diantisipasi?" tanya Edhy.
Edhy menambahkan, dirinya sangat memahami betul kondisi masyarakat yang merasa terbebani dengan kenaikan harga elpiji ini. Banyak masyarakat yang merasa terbebani dengan kenaikan harga elpiji nonsubsidi tersebut.
"Banyak para pemilik warung-warung dan restoran yang menggunakan elpiji 12 kg itu menyayangkan kenaikan harga yang tiba-tiba dan tanpa sosialisasi ke masyarakat," ujar Edhy.
Oleh sebab itu, pihaknya juga mendorong agar DPR memanggil semua pihak terkait agar semua pihak bisa memahami alasan kenaikan harga itu. "Harapan saya sih kenaikan harga elpiji ini bisa dibatalkan," kata Edhy.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah