Headlines News :
Home » , » DKI Akan Percepat Pembahasan APBD Perubahan

DKI Akan Percepat Pembahasan APBD Perubahan

Written By Metro Post News on Jumat, 21 Februari 2014 | 13.00

Jakarta - Tak mau mengulang keterlambatan pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI 2014, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI akan mempercepat penyusunan dan pembahasan APBD Perubahan 2014.
Biasanya, penyusunan APBD Perubahan baru dimulai bulan Juni setiap tahunnya, maka tahun ini pembahasan akan dipercepat sebelum bulan Mei. Sehingga pada bulan Mei, draft APBD Perubahan 2014 sudah bisa diserahkan ke Badan Anggaran (Banggar) DPRD DKI untuk dibahas. Kemudian dapat disahkan sebelum pembahasan Rancangan APBD 2015 dilakukan pada Oktober.
Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan percepatan penyusunan dan pembahasan APBD Perubahan DKI 2014 dapat dilakukan karena adanya anggaran yang dicoret oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri).
"Anggaran yang dicoret oleh Kemdagri tidak ada masalah buat kita. Ya langsung jadi SiLPA lah. Nanti kita masukkan dalam APBD Perubahan,” kata Basuki di Balai Kota DKI, Jakarta, Kamis (20/2).
Dengan adanya koreksi dari Kemdagri terhadap APBD DKI 2014, mantan Bupati Belitung Timur ini mengatakan sudah memiliki pemetaan terhadap anggaran di setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD).
Adanya peta anggaran tersebut, lanjutnya, Pemprov DKI dapat mempercepat penyusunan APBD Perubahan. Karena sudah tahu mana anggaran yang boleh dimasukkan dan mana yang tidak boleh dimasukkan menurut aturan Kemdagri.
"Tahun ini, penyusunan APBD Perubahan DKI dipercepat. Karena kita sudah tahu mana-mana anggaran di SKPD yang ngga beres," ujarnya.
Alasan dipercepat penyusunan APBD Perubahan, supaya anggaran bisa cepat dipakai untuk melanjutkan program pembangunan Kota Jakarta. Tidak ada lagi proyek pembangunan infrastruktur yang tertunda penyelesaiannya akibat lamanya proses pengesahan APBD Perubahan.
"Kita akan majukan lebih cepat penyusunan hingga pengesahannya. Supaya uangnya bisa lebih cepat dipakainya. Kita sih pengennya bulan Mei sudah dibahas oleh Banggar," kata Basuki.
Pria yang akrab disapa Ahok ini optimis dapat melakukan percepatan pembahasan APBD Perubahan, karena saat ini Pemprov DKI sudah menerapkan e-budgeting sebagai alat kontrol anggaran.
"Kalau dulu kan ngga ada e-budgeting, kalau sekarang sudah ada untuk jadi alat kontrol penyusunan anggaran di SKPD-SKPD yang ada," ujar Ahok.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah