Headlines News :
Home » , , » Jokowi Resmikan Pembangunan Waduk Marunda

Jokowi Resmikan Pembangunan Waduk Marunda

Written By Metro Post News on Selasa, 11 Februari 2014 | 18.38

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meresmikan pembangunan Waduk Marunda di Kelurahan Cilincing, Kecamatan Marunda, Jakarta Utara, hari ini Selasa (11/2).
Dimulainya pembangunan waduk ini merupakan salah satu dari sembilan waduk yang akan dibangun tahun ini. Upaya pembangunan waduk juga merupakan salah satu penanganan banjir Ibu Kota.
"Kita Bismillah dimulai, waduk ini kurang lebihnya akan seperti (waduk) di Pluit," kata Jokowi di lokasi.
Area waduk tersebut luasnya mencapai 56 hektare dan yang akan dibuat sebagai waduk seluas 30 hektare. Nantinya waduk tersebut akan menampung air yang berasal dari wilayah Jakarta Timur.
Air dari Kanal Banjir Timur (KBT) masuk ke Kali Blencong dan mengalir ke waduk tersebut. Selanjutnya jika waduk tersebut penuh, sudah disediakan pompa untuk membuang airnya ke laut. Di sekitar waduk juga akan terdapat taman-taman hijau, tidak jauh berbeda dengan waduk-waduk yang tengah dibenahi sebelumnya.
"Nanti taman-taman ada di pinggir waduk, musti ada taman untuk tempat rekreasi," ujarnya.
Biaya atas pembangunan waduk tersebut juga berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2014 yang ditargetkan selesai dalam setahun. Selanjutnya, Dinas Pekerjaan Umum (PU) akan melanjutkan pembangunan di kawasan Jakarta Timur dan Jakarta Barat.
Dari 56 hektare area waduk, masih terdapat 20 hektare yang masih dalam proses pembebasan lahan. Nantinya area tersebut akan dibangun untuk taman rekreasi karena tidak jauh letaknya dari rumah susun (rusun) Marunda dan cagar budaya rumah Is Pitung.
Direncanakan tahun ini DKI akan membangun 9 waduk baru di Jakarta yang berlokasi di Cengkareng, Rorotan, Halim, Cibubur, Sunter, Pantai Indah Kapuk (dua waduk), Nusa Kirana, dan Marunda.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah