Headlines News :
Home » , , » Pemprov DKI Perlu Berikan Insentif ke Wajib Pajak

Pemprov DKI Perlu Berikan Insentif ke Wajib Pajak

Written By Metro Post News on Jumat, 07 Februari 2014 | 17.46

Jakarta - Wakil Ketua Komisi C Bidang Keuangan DPRD DKI Merry Hotma menilai Pemprov DKI perlu melanjutkan kembali pemberian insentif tersebut kepada Wajib Pajak DKI. Menurutnya, insentif tersebut diperlukan untuk meningkatkan kepatuhan pajak di tengah peningkatan nilai jual obyek pajak (NJOP) yang akan berlaku di awal tahun ini.
Nilai jual obyek pajak adalah satu dasar penghitungan PBB di mana kenaikannya akan menambah besaran kewajiban PBB yang harus dibayar. Kenaikan NJOP ini cukup besar dengan kenaikan hingga 240 persen.
"Kepatuhan pajak tidak boleh turun dengan adanya perubahan NJOP, apalagi penerimaan PBB jadi salah satu primadona di penerimaan pajak DKI," kata Merry di Jakarta, Jumat (7/2).
Pemprov DKI menargetkan kenaikan penerimaan PBB yang tinggi di tahun ini, yaitu meningkat hingga 80,5 persen dibandingkan target tahun lalu. Penerimaan PBB tahun ini ditarget sebesar Rp 6,5 triliun, sedangkan target tahun lalu hanya Rp 3,6 triliun.
Adapun, kontribusi penerimaan PBB terhadap total penerimaan pajak daerah mencapai 20 persen dan menjadi penyumbang terbesar APBD DKI yang tahun ini ditargetkan sebesar Rp 32,5 triliun.
"Peningkatan kepatuhan pembayaran PBB menjadi begitu penting. Apalagi pada tahun lalu, kepatuhan pembayaran PBB oleh WP DKI baru mencapai 63 persen dari total surat pemberitahuan pajak terutang (SPPT) PBB yang diterbitkan oleh Dinas Pelayanan Pajak DKI," katanya.
Merry berharap agar anggota legislatif lain turut mempercepat pengesahan atas dua rancangan peraturan daerah (raperda) yang bisa berkontribusi pada peningkatan penerimaan pajak. Kedua raperda tersebut adalah reperda tentang pajak rokok dan raperda tentang revisi atas pajak progresif kendaraan bermotor.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah