Headlines News :
Home » , » Kemen PU Lakukan Perbaikan Permanen Pantura

Kemen PU Lakukan Perbaikan Permanen Pantura

Written By Metro Post News on Senin, 10 Maret 2014 | 15.46

Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum (PU) saat ini sedang melakukan pekerjaan permanen jalan Pantai Utara (Pantura) Pulau Jawa, setelah banjir tahun ini. Jalan Pantura sepanjang sekitar 1.300 km memerlukan penanganan lebih, mengingat lalu lintas di jalur tersebut telah melebihi kapasitas jalan.
Demikian dikatakan Kepala Pusat Komunikasi Publik, Kemen PU, Danis H Sumadilaga, kepada SP, Senin (10/3).
Menurut Danis, intensitas hujan di jalur Pantura saat ini relatif mulai berkurang seperti Subang dan Pamanukan, sehingga di beberapa titik mulai kering. “Kami juga sudah memulai pekerjaan permanen pada minggu pertama bulan Maret ini,” kata Danis.
Danis mengatakan, sebelumnya pasca banjir telah dilakukan penangananan tanggap darurat dengan penutupan lubang sementara agar jalan fungsional dan tidak terjadi kecelakaan. Dengan cuaca yang masih berubah, pekerjaan penanganan jalan tetap di lakukan saat tidak turun hujan.
Pekerjaan penutupan lubang terbanyak dilakukan di Jawa Tengah yakni Batang, Kendal, Pati dan Kudus yang mencapai 150 km, di Jawa Barat sepanjang 40 – 50 km, dan di Jawa Timur sekitar 20 km. Pekerjaan permanen saat ini proses membuat perkerasan kaku atau yang dikenal masyarakat dengan pembetonan.
Dikatakan, tidak tepat jika Kementerian PU dikatakan tidak sungguh-sungguh dalam bekerja. “Mari kita lihat, Pantura sepanjang 1.300 km dari segi lalu lintas maupun berat muatan yang dibawa telah melebihi kapasitas. Jalan tidak mampu menahan beban mencapai 20 – 30 ton MST (Muatan Sumbu Terberat) yang seharusnya 10 MST.
Sementara itu, informasi jalan nasional dapat dipantai dengan sistem online baik mengenai kondisi dan penanganan jalan. Hingga kini, kondisi jalan nasional di Indonesia sekitar 90% dalam kondisi baik walaupun di beberapa titik terdapat kerusakan.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah