Headlines News :
Home » , , , » Jatim Gencar Tawarkan Wisata Agro

Jatim Gencar Tawarkan Wisata Agro

Written By Metro Post News on Jumat, 11 April 2014 | 12.16

Surabaya - Sebagai bentuk peningkatan kerja sama antar kedua pihak, pemerintah provinsi (Pemprov) Jawa Timur mempromosikan wisata agro seperti perkebunan dan pertanian ke sejumlah pebisnis Taiwan.
"Kami berusaha meningkatkan pariwisata dengan tujuan membawa wisatawan mancanegara berkunjung ke sini," ujar Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf usai menerima Pebisnis Agro "Tourism Taiwan" di Surabaya, Kamis (10/4).
Jatim sendiri memiliki sejumlah destinasi wisata agro seperti, Kebun Teh, Jatim Park, Kebun Duren Bhakti Alam, Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan tempat lainnya yang belum tereksploitasi.
Menurut Wagub Jatim, akan menjadi sebuah pengalaman yang mengesankan jika wisatawan asing ikut memanen teh di kebun atau memanen padi di sawah.
"Teknisnya, nanti disesuaikan dengan waktu panen. Apalagi wisatawan asing jarang ikut terlibat langsung panen padi atau memetik daun teh di perkebunan luas," ucap mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) tersebut.
Gus Iful mengatakan, kerja sama di bidang pertanian mutlak harus dilakukan. Selin pengembangan wisata agro, juga kerja sama di bidang alih teknologi bidang pertanian.
Karena itulah, lanjut dia, dalam rangka mendukung kelancaran hubungan dagang antara Jatim dan Taiwan maka diperlukan sarana transportasi memadai, teretama penerbangan langsung dari Surabaya ke Taiwan.
"Saat ini sehari ada dua penerbangan yang melayani. Semoga bertambah jamnya karena kelancaran transportasi sangat signifikan meningkatkan arus barang dan jasa," ujar mantan Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor itu.
Sementara itu, Ketua Rombongan Pebisnis Agro Taiwan, Leo Vang mengapresiasi pengembangan wisata agro di Jatim karena menjadi daya tarik wisatawan asing, khususnya dari Taiwan.
Ia mengakui pertanian Taiwan sekarang telah dirubah menjadi sarana rekreasi dan pusat belajar.
"Masyarakat Taiwan menginginkan sektor pertanian tidak hanya menghasilkan sesuatu yang memiliki nilai bagi masyarakat, namun juga dapat menjadi tujuan utama wisata belajar," katanya.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah