Headlines News :
Home » , » Pemprov DKI Kaji Naikkan Penghasilan Petugas Kebersihan

Pemprov DKI Kaji Naikkan Penghasilan Petugas Kebersihan

Written By Metro Post News on Jumat, 11 April 2014 | 12.11

Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang mengkaji untuk menambah penghasilan petugas kebersihan melalui peningkatan Tunjangan Kerja Daerah (TKD). Hal itu disampaikan Wakil Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama (AhokI di hadapan ratusan petugas kebersihan saat menerima sumbangan empat buah truk dari Pemerintah Taiwan melalui Perwakilan Taipei Economic and Trade Office (TETO) untuk Indonesia di Kantor Dinas Kebersihan DKI, Cililitan, Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (11/4).
"Bisa dua atau tiga kali dari UMP (Upah Minimum Provinsi). Tapi ini masih kita kaji," kata Ahok, sapaan Basuki.
Ahok menyatakan, di sejumlah negara, petugas kebersihan merupakan salah satu profesi yang dibayar dengan upah tinggi, karena tidak semua orang mau bekerja mengurus sampah.
"Petugas kebersihan ini pekerjaan yang kasar. Tidak semua orang mau. Sekarang masih kami hitung berapa harapan orang bawa pulang," jelasnya.
Kenaikan upah ini, kata Ahok, harus dibarengi dengan peningkatan kinerja. Pihaknya akan menggunakan sistem teknologi yang dapat memantau kinerja petugas di lapangan, termasuk petugas kebersihan. Tak hanya itu, para sopir truk sampah tidak lagi diizinkan untuk menjadi sopir tembak bagi pihak swasta untuk mengangkut sampah dan dibuang di tempat pembuangan sampah yang dikelola Pemprov DKI.
"Lebih baik memberi gaji tinggi yang halal, daripada tidak jelas. Saya tidak mau lagi sopir truk menjadi sopir tembak swasta yang mengangkut sampah di swasta, tapi dibuang ke sampah punya kita," jelasnya.
Ahok mengaku tak habis pikir, dengan anggaran kebersihan sekitar Rp 800 miliar, namun Jakarta masih tetap kotor. Ahok membandingkan dengan anggaran kebersihan di Kota Solo yang hanya Rp 8 miliar, tapi mampu membuat kota itu bersih.
"Seharusnya dengan Rp 400 miliar sudah bisa bersih," ungkapnya.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah