Headlines News :
Home » , , » Serapan APBD DKI 2014 Baru 4,56%

Serapan APBD DKI 2014 Baru 4,56%

Written By Metro Post News on Jumat, 11 April 2014 | 12.09

Jakarta -  Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) mengevaluasi pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2014 yang sudah cair, termasuk Peraturan Daerah (Perda) yang telah ditetapkan pada Maret lalu. Namun hingga 8 April ini, baru sebesar 4,56 persen saja penyerapan belanja dari APBD 2014 yang dilakukan seluruh dinas.
Apalagi tahun ini, APBD DKI nilainya sangat besar, yakni hingga Rp72 triliun. "Meskipun tahun kemarin mirip, tetapi tahun ini, APBD kita sangat besar. Tahun lalu hanya Rp51 triliun, sekarang Rp72 triliun. Kita dalam satu tahun loncat Rp30 triliun," kata Jokowi saat pengarahan kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) di Balai Agung, Kamis (10/4).
Apabila anggaran tidak tepat guna, maka bisa dievaluasi sedini mungkin. Sejauh ini, banyak dinas dan suku dinas dari SKPD di DKI yang belum bergerak. Pengarahan yang Jokowi lakukan itu sendiri bertujuan agar mereka bisa segera bergerak menggunakan anggaran supaya serapan APBD bisa tinggi.
"Jangan diulang lagi proyek baru dimulai November-Desember. Kalau jelek tidak ada masalah, tapi kalau sudah tapi kualitasnya tidak baik. Contohnya bus, ini perlu jadi titik perhatian," ujarnya.
Jokowi juga meminta agar dinas dapat berhati-hati dalam menggunakan anggaran tersebut. Dirinya tidak menginginkan adanya pejabat Pemprov DKI yang terlibat dan ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus yang berhubungan dengan proyek-proyek di Ibukota.
"Saya tidak mau yang memegang organisasi-organisasi di Pemprov DKI jadi tersangka. Jangan! Kalau sudah masuk wilayah hukum, kita (Pemprov) bisa apa? Saya hanya mengingatkan preventifnya," katanya.
Jokowi pun berharap agar realisasi APBD tahun 2014 bisa berjalan lebih baik dari 2013. Dengan demikian, ia pun meminta agar para dinas bisa segera memulai proyek-proyeknya terutama yang berkaitan dengan fisik dan konstruksi.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah