Headlines News :
Home » , , » Calon Wagub DKI Akan Ditentukan Prabowo dan Megawati

Calon Wagub DKI Akan Ditentukan Prabowo dan Megawati

Written By Metro Post News on Kamis, 10 Juli 2014 | 20.30

Gubernur DKI Jakarta Joko WIdodo (kiri) bersama Ketua DPRD DKI Jakarta Ferrial Sofyan (tengah) dan Direktur Utama PT MRT Jakarta Dono Boetami
Jakarta - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Ferrial Sofyan menegaskan, bila Basuki Tjahaja Purnama menjadi Gubernur DKI Jakarta, maka untuk menentukan siapa yang akan mengisi posisi Wakil Gubernur (Wagub) DKI yang kosong diserahkan kepada pemimpin Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dan Gerindra.
Karena, kedua partai ini keluar sebagai pemenang Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukda) DKI 2012. Sehingga, Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra dan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri berhak mengusulkan siapa yang akan dipilih menjadi Wagub DKI Jakarta.
“Semua itu tergantung kesepakatan partai pemenang pengusung Jokowi-Ahok saat Pemilukada DKI 2012. Yaitu, Partai Gerindra dan PDI-P. Jadi terserah Pak Prabowo dan Bu Mega untuk mengusulkannya dua orang,” kata Ferrial di Gedung DPRD DKI, Jakarta, Kamis (10/7).
Politisi dari Fraksi Demokrat ini menerangkan, PDI-P dan Partai Gerindra akan mengusulkan dua calon Wagub DKI. Kemudian dua calon tersebut akan diserahkan kepada DPRD DKI Jakarta untuk memilih satu dari dua calon yang diajukan.
“Jadi, nanti dua partai pemenang Pemilukada DKI yang akan mengusulkan dua orang. Yang mengusulkan PDI-P dan Gerindra. Kalau dia ajukan A dan B, kita tahu mana yang pantas. Nanti DPRD lah yang akan memilih satu di antara dua calon tersebut,” ujarnya.
Namun yang pasti, penentuan Wagub DKI tidak bisa dilakukan secara terburu-buru. Meski cukup banyak lembaga survei yang mengunggulkan Jokowi-Jusuf Kalla dalam Pilpres 2014, Ferrial menyatakan DPRD DKI tetap akan menunggu hasil resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).
“Ya, tunggu saja tanggal 22 Juli mendatang. Kami belum ngomong soal posisi wagub. Tetapi yang pasti, kalau wagub, dia tentu otomatis menjadi gubernur,” tuturnya.
Kendati demikian, Ferrial belum mengetahui apakah DPRD lama atau DPRD baru yang akan menetapkan Wagub. Karena pelantikan anggota DPRD periode 2014-2019 akan dilakukan pada Agustus 2014.
“Saya tidak tahu, apakah mau terburu-buru memilih wagub setelah penetapan presiden tanggal 22 Juli atau menunggu sampai Oktober? Kalau ingin cepat-cepat, kami siap saja," kata Ferrial.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah