Headlines News :
Home » , , , , » Penyuap Bupati Bogor Disidang Di Bandung

Penyuap Bupati Bogor Disidang Di Bandung

Written By Metro Post News on Senin, 07 Juli 2014 | 21.11

Jakarta - Penyuap Bupati Bogor Francis Xaverius Yohan Yap segera menjalani proses persidangan.
Tersangka kasus dugaan suap pengurusan rekomendasi tukar kawasan hutan di Bogor itu akan disidangkan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor)Bandung.
"Pengadilannya di Tipikor Bandung," kata Juru Bicara KPK Johan Budi SP di kantor KPK, Senin (7/7).
Menurut Johan, sekitar akhir Juli, Yohan akan menjalani sidang perdananya.
Sebelumnya, KPK telah menetapkan Rachmat Yasin sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap rekomendasi tukar menukar kawasan hutan di Kabupaten Bogor. Tak hanya Bupati Bogor, dalam kasus ini KPK juga menetapkan Zairin dan pegawai PT Bukit Jonggol Asri (BJA) Francis Xaverius Yohan Yap, sebagai tersangka.
Mereka dijadikan tersangka setelah sebelumnya ditangkap Satuan Tugas KPK dari sejumlah tempat pada Rabu 7 Mei 2014. Dalam kasus ini, Rachmat Yasin diduga menerima uang suap sejumlah Rp 1,5 miliar dari pihak swasta, yakni PT Bukit Jonggol Asri terkait dengan rekomendasi tukar menukar kawasan hutan seluas 2.754 hektar di Bogor. Tak cuma itu, Rachmat juga diduga sebelumnya telah menerima uang Rp 3 miliar terkait rekomendasi tersebut.
Oleh KPK, Rachmat dan Zairin dijerat dengan Pasal 12 a atau b atau Pasal 5 ayat 2 atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 (UU Tipikor) juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHPidana.
Sementara, Yohan Yap disangkakan dengan Pasal 5 ayat 1 a atau b atau Pasal 13 UU Tipikor jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHPidana.
Ketiganya saat ini sudah ditahan KPK. Rachmat mendekam di Rumah Tahanan KPK, Yohan Yap ditahan di Rutan Guntur, dan Zairin dititipkan di Rutan Cipinang.
B1
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah