Headlines News :
Home » , , , » 2015, Pemkot Bekasi Naikkan Gaji Petugas Kebersihan

2015, Pemkot Bekasi Naikkan Gaji Petugas Kebersihan

Written By Metro Post News on Senin, 22 Desember 2014 | 11.51

Bekasi - Sebanyak 747 petugas kebersihan (pesapon) se-Kota Bekasi, Jawa Barat, akan mendapat kenaikan gaji di tahun 2015. Gaji yang diterima mereka sebesar Rp 1 juta per bulan, akan dinaikkan menjadi Rp 1,5 juta per bulan. Tidak hanya itu, Pemkot Bekasi juga telah mengganggarkan pembelian baju seragam untuk para petugas kebersihan ini.

Kepala Dinas Kebersihan Kota Bekasi, Abdilah sudah memasukkan anggaran untuk kenaikan gaji 747 petugas kebersihan di APBD 2015. "Kita sudah anggarkan gaji mereka naik menjadi Rp 1,5 juta per bulan. Sementara untuk perbedaan gaji antara sopir pengangkut sampah dengan pesapon nanti ada perubahan di tahun 2016," kata Abdilah, Bekasi, Senin (22/12).

Dia mengatakan, pihaknya juga akan memberikan seragam tambahan kepada petugas kebersihan, sesuai dengan instruksi Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi. Sebelumnya Rahmat meminta Dinas Kebersihan Kota Bekasi untuk menaikan gaji para pesapon tersebut. Rahmat juga meminta, gaji sopir truk sampah dengan pesapon harus dibedakan, karena risiko sopir truk sampah lebih besar.

Rusdi, salah satu petugas kebersihan di Kecamatan Mustikajaya mengaku gembira dengan rencana kenaikan gaji ini. "Selama ini gaji saya hanya Rp 1 juta per bulan, harus di-cukup-cukupin untuk kebutuhan sehari-hari. Saya gembira ada kenaikan gaji tahun depan," katanya. Sebanyak 747 petugas kebersihan yang setiap harinya mengangkut sekitar 1.500 ton sampah di Kota Bekasi mengaku gaji yang mereka terima tidak cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Sementara itu, Jufri, sopir truk sampah yang bertugas di Kecamatan Bekasi Timur mengatakan bahwa gajinya sama dengan pesapon. "Saya juga terima Rp 1 juta, sama dengan pesapon." Atas keluhan ini, Rahmat pernah mengatakan bahwa besaran gaji yang selama ini diterima tidak sesuai lagi dengan kondisi perekonomian, khususnya pascakenaikan harga BBM.

"Saya meminta Dinas Kebersihan lebih intens memperhatikan kesejahteraan petugas kebersihan. Kenaikan gaji mereka sudah layak, karena honor sebelumnya sudah tertinggal jauh," katanya. Dia juga berharap agar instansi yang membawahi petugas kebersihan ini difasilitasi, terutama soal pengadaan seragam pesapon lebih dari satu pasang. "Selama ini, petugas kebersihan hanya memakai satu seragam untuk enam hari kerja. Seragam itu juga harus ditambah," imbuh Rahmat.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah